Salat Isya’ di Masjid Baitus Sholihin, Wali Kota Ingatkan Pentingnya Prokes Cegah Covid-19

Di Posting Oleh madiuntoday

9 Juni 2021

MADIUN – Giat Salat Isya’ berjamaah menjadi ajang sosialisasi Wali Kota Madiun Maidi. Khususnya sosialisasi terkait protokol kesehatan. Seperti yang terlihat saat Salat Isya’ di Masjid Baitus Sholihin Kelurahan Pangongangan, Selasa (8/6). Hal itu dirasa penting mengingat penularan Covid-19 cukup tinggi belakangan ini.

‘’Madiun Raya kasusnya naik. Ruang isolasi rumah sakit kita juga hampir penuh. Ini peringatan bagi kita semua untuk lebih disiplin lagi menerapkan protokol kesehatan,’’ kata wali kota.

Bed Occupancy Rate (BOR) ruang isolasi RSUD Kota Madiun terpakai sampai 60 persen saat ini. Namun, hampir separuhnya berasal dari pasien luar kota. Sebagai rumah sakit rujukan Covid-19, ruang isolasi juga digunakan untuk pasien dari berbagai daerah. Sedang, kasus Covid-19 di Madiun Raya sedang meninggi. Wali Kota Maidi berharap masyarakat tidak meninggalkan protokol kesehatan.

‘’Covid-19 berbahaya dan belum ada obatnya. Protokol kesehatan salah satu upaya untuk mengendalikan penularannya. Boleh beraktivitas tetapi protokol kesehatan jangan ditinggalkan,’’ jelasnya.

Kesehatan, kata wali kota, mahal harganya. Karenanya, masyarakat yang saat ini diberikan kesehatan harus banyak bersyukur dan terus menjaga diri agar tidak sakit. Wali kota mengaku sering memantau perkembangan pasien Covid-19 di rumah sakit. Bahkan, sering kali memantau langsung dari CCTV ruang isolasi. Pasien dengan gejala sesak harus mendapat bantuan pernafasan menggunakan tabung oksigen.

‘’Bayangkan seharian bahkan bisa berhari-hari harus pakai oksigen. Kita yang bisa menghirup udara secara bebas seperti sekarang ini harus banyak bersyukur,’’ ajaknya sembari menyebut biaya oksigen rata-rata Rp 1 juta perharinya.

Hal itu belum suplemen untuk meningkatkan imun. Biaya yang dikeluarkan akan semakin besar jika memiliki penyakit penyerta. Sebab, penyakit penyerta pasien juga harus ditangani agar tidak memperburuk kondisi. Wali kota berharap masyarakat tidak menyepelekan Covid-19. Anjuran dan aturan pemerintah wajib dilaksanakan.

‘’Pemerintah terus berjuang mengatasi Covid-19 ini. Masyarakat harus berpartisipasi setidaknya dengan melaksanakan anjuran dan mematuhi aturan pemerintah,’’ pungkasnya. (lucky/agi/diskominfo)

Artikel Terkait

Don`t copy text!