Buka Sosialisasi Pemantapan Nilai-Nilai Pancasila, Wali Kota Pesan Mahasiswa Harus Paham Ideologi Negara

Di Posting Oleh madiuntoday

10 Juni 2021

MADIUN – Keragaman suku bangsa yang ada di Indonesia, mulai dari suku, agama, ras hingga kelompok-kelompok di dalamnya merupakan sebuah bentuk kemajemukan yang harus disatukan dan dilindungi keberagamannya.

Maka dari itu dibutuhkan satu pondasi yang kuat untuk menyatukannya, yaitu Pancasila. Maka dari itu, nilai-nilai yang ada di dalam dasar negara itu harus terus disosialisasikan agar tak hanya dihapalkan, namun juga dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Apalagi bagi mahasiswa sebagai generasi muda.

Hal itu seperti yang diungkapkan Wali Kota Madiun Maidi saat menghadiri kegiatan Sosialisasi Pemantapan Nilai-nilai Ideologi Pancasila bagi Mahasiswa di aula gedung Diklat Kota Madiun, Kamis (10/6).

Wali Kota mengatakan, di era saat ini Pancasila tidak ketinggalan zaman, tetap menjadi pedoman bernegara dan bermasyarakat bagi generasi muda untuk bergerak bersama membangun Indonesia.

“Karakter kedepan harus karakter Pancasila karena dengan kemajuan zaman, kemajuan pembangunan, kemajuan IT jika landasannya itu Pancasila saya kira akan selamat, kedepan juga akan lebih baik,” tegasnya.

Wali Kota Maidi menegaskan, masyarakat utamanya generasi muda tak boleh meninggalkan Pancasila. Anak muda, lanjutnya,  memiliki peran penting untuk mengamalkan nilai-nilai Pancasila karena nasib sebuah bangsa bergantung pada generasi penerusnya.

Maka dari itu, tak heran jika sosialisasi serupa gencar dilakukan. Nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila tidak hanya dihafalkan, tetapi dipahami dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Kesempatan itu digunakan wali kota untuk berpesan kepada generasi muda, bahwa masa yang lalu tidak akan berubah, justru masa depan yang seharusnya diubah dengan pengamalan nilai-nilai Pancasila sebagai pandangan hidup yang menjadi landasan moral kepedulian manusia sepanjang masa.
(luki/kus/diskominfo)

Artikel Terkait

Don`t copy text!