Tinjauan Lapangan Implementasi Smart City, Pemkot Madiun Paparkan Program Unggulan Dan Inovasi

Di Posting Oleh madiuntoday

10 Juni 2021

MADIUN – Evaluasi pelaksanaan program Smart City di Kota Madiun terus berlanjut. Kamis (10/6), Konsultan Pengembangan Smart City Kota Madiun Profesor Marsudi Wahyu Kisworo bersama perwakilan pemerintah pusat melaksanakan tinjauan lapangan secara daring.

Dalam kegiatan tersebut, Pemerintah Kota Madiun memaparkan program unggulan yang telah dilakukan untuk menunjang program Smart City. Yakni, dalam poin Smart Government, Smart Economy, Smart Environment, Smart Society, Smart Living, dan Smart Branding.

Pada masing-masing poin tersebut, Pemkot Madiun yang diwakili oleh OPD terkait menjabarkan program dan kegiatan yang telah dilakukan kepada tim penilai. Kemudian, tim penilai yang diwakili oleh Prof Marsudi melakukan sesi tanya jawab terhadap pelaku kegiatan dan masyarakat yang merasakan secara langsung dampak dari program tersebut.

Adapun rincian program unggulan dan inovasi yang disampaikan oleh Pemkot Madiun dalam peninjauan lapangan adalah sebagai berikut :

1. Smart Government
Pada poin Smart Government Pemkot Madiun memaparkan inovasi call center 112. Program yang sudah berjalan sejak lebih dari dua tahun ini menjadi penghubung antara pemkot dan masyarakat. Khususnya, ketika ada peristiwa kegawatdaruratan. Atau, pengaduan pelayanan seperti lampu, jalan berlubang, atau kerusakan jaringan Wi-Fi.

2. Smart Economy
Sebagai upaya meningkatkan perekonomian masyarakat, Dinas Tenaga Kerja KUKM Kota Madiun membangun website umkm.madiunkota.go.id yang menjadi wadah bagi pelaku usaha memasarkan produknya. Program ini telah dimanfaatkan oleh pelaku UMKM di Kota Madiun dan membantu mereka bertemu dengan pembeli. Khususnya, selama pandemi Covid-19.

3. Smart Environment
RW 08 Kelurahan Rejomulyo menjadi salah satu daerah percontohan terhadap konsep lingkungan hidup yang bersih dan sehat. Tak hanya memenangkan Lomba Kampung Iklim tingkat Nasional tahun lalu, pengelolaan lingkungan di wilayah tersebut juga terus dikembangkan untuk mengatasi pemanasan global.

4. Smart Society
Program outdoor learning menjadi kegiatan unggulan Pemkot Madiun dalam mengatasi kejenuhan siswa saat menghadapi pembelajaran secara daring. Berada di tempat terbuka, guru dan siswa memanfaatkan waktu pertemuan untuk membahas materi yang kurang dimengerti. Kegiatan ini juga terintegrasi dengan program Wi-Fi gratis dan laptop gratis yang disediakan Pemkot Madiun.

5. Smart Living
Keberhasilan warga Kelurahan Madiun Lor menyulap lahan kosong menjadi lokasi wisata yang menarik dengan nama Kampung Pesona telah menjadi inspirasi bagi daerah lainnya. Konsep ini terus dikembangkan dan didukung oleh Pemkot Madiun. Sehingga, memberikan manfaat bagi warga sekitar.

6. Smart Branding
Keberadaan Pahlawan Street Center sebagai ikon utama dan unggulan di Kota Madiun telah menarik perhatian masyarakat. Baik dari dalam maupun luar kota. Apalagi, ditambah dengan adanya ikon dari berbagai negara. Kawasan ini juga masih dalam tahap pengembangan sebagai pusat seni dan hiburan di Kota Madiun.

Paparan terkait program unggulan dan inovasi ini nantinya akan menjadi bahan evaluasi bagi tim Smart City Kota Madiun. Sehingga, ke depannya program ini dapat berjalan maksimal. Serta, semakin meningkatkan kesejahteraan bagi Kota Madiun. (Nanda/Luki/irs/madiuntoday)

Artikel Terkait

Pendidikan Tatap Muka SD Hari Pertama

Pendidikan Tatap Muka SD Hari Pertama

Sejumlah siswa bersenda gurau saat menunggu giliran untuk mengikuti Rapid Test Antigen, (27/10/2021). Pemerintah Kota Madiun menggelar Rapid Test Antigen kepada semua...

Don`t copy text!