Fasilitas Bak Hotel Berbintang, Wali Kota: Ini Rusunawa Rasa Apartemen

Di Posting Oleh madiuntoday

11 Juni 2021

MADIUN – Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) Tahap II di Kota Madiun telah siap dihuni saat ini. Itu menyusul serah terima kunci dari Kementerian PUPR kepada Pemkot Madiun, Jumat (11/6). Wali Kota Madiun Maidi menyebut penempatan Rusunawa dalam waktu segera.

Wali kota mengaku bakal segera melakukan seleksi kepada peminat. Maklum, Rusunawa tahap kedua dengan kapasitas 44 unit itu diminati sekitar 200 kepala keluarga. Seleksi dilakukan berdasarkan aturan yang ditetapkan pemerintah pusat terkait pemanfaatan Rusunawa. Salah satunya, harus masuk dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), belum punya rumah, menempati aset pemerintah, dan lain sebagainya.

‘’Yang mau menempati memang banyak. Makanya setelah ini akan kita lakukan seleksi secepatnya,’’ kata wali kota.

Banyaknya peminat tersebut bukan tanpa sebab. Rusunawa yang menghabiskan anggaran Rp 20 miliar lebih itu memang dilengkapi dengan fasilitas jempolan. Memiliki tipe 36 setiap unitnya, Rusunawa memiliki dua kamar tidur, ruang tamu, kamar mandi, dapur, dan ruang mencuci. Di dalamnya juga sudah terdapat beraneka perabot. Mulai tempat tidur utama, ranjang tingkat untuk anak, lemari, meja dan kursi ruang tamu, hingga kloset duduk. Tak heran, jika fasilitasnya bak hotel berbintang.

‘’Ini tidak layak disebut Rusunawa. Dengan desain dan fasilitas seperti itu, tepatnya disebut apartemen,’’ terangnya.

Fasilitas bak hotel dalam Rusunawa bukan hal baru di Kota Madiun. Rusunawa tahap pertama yang berada tepat disebelahnya juga memiliki fasilitas serupa. Karenanya, tak heran jika banyak warga yang berminat. Wali Kota mengaku masih akan mengusulkan pembangunan Rusunawa tahap ketiga. Diakuinya masih ada warga yang saat ini menghuni bangunan tak layak hingga menempati aset pemerintah. Salah satunya seperti mereka yang tinggal di lahan makam.

‘’Standarnya Rusunawa program pemerintah pusat ya seperti ini. Makanya jangan kuatir, warga yang saat ini menempati lahan makam, rumah tak layak, dan lainnya akan mendapatkan fasilitas layaknya apartemen,’’ pungkasnya. (ws hendro/agi/madiuntoday)

Artikel Terkait

Don`t copy text!