Program Kotaku Dimulai, Lingkungan Kumuh di Kota Semakin Terkurangi

Di Posting Oleh madiuntoday

11 Juni 2021

MADIUN – Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) mulai berjalan di Kota Madiun. Jalannya program ditandai dengan peletakan batu pertama di sejumlah titik pembangunan oleh Wali Kota Madiun Maidi, Jumat (11/6). Wali kota mengunjungi sejumlah lokasi pembangunan program Kotaku dari Kementerian PUPR tersebut sembari bersepeda.

Orang nomor satu di Kota Pendekar itu berharap program semakin meminimalkan titik kumuh di Kota Madiun. Setidaknya, Kota Madiun mendapat anggaran Rp 7 miliar dari program tersebut untuk 12 titik di 12 kelurahan. Di antaranya, di Kelurahan Nambangan Lor, Nambangan Kidul, Pandean, Pilangbango, dan Kelurahan Kelun. Pembangunan yang mengemuka beragam. Mulai gang, saluran, dan lain sebagainya.

‘’Jadi 2022 nanti Kota Madiun ini menuju daerah yang bersih dan indah. Sudah tidak ada gang yang tidak layak, saluran tak layak, dan lainnya. Semua yang kumuh dan tidak layak ini kita upayakan untuk perbaikan semuanya,’’ jelasnya.

Wali kota menyebut pembangunan tidak hanya di bagian tengah kota. Namun, juga di wilayah pinggir. Tidak hanya berangkat dari APBD. Tetapi juga dari anggaran pusat. Seperti diketahui, Pemkot Madiun mengganggarkan 47 titik perbaikan drainase tahun ini. Jumlah saluran yang dilakukan perbaikan dipastikan bertambah dengan hadirnya program Kotaku tersebut.

‘’Semua pasti inginnya baik. Tetapi karena APBD kita terbatas. Kita mintakan anggaran pusat. Alhamdulillah kita dapat Rp 7 miliar untuk program Kotaku ini,’’ ungkapnya.

Manfaat pembangunan, kata wali kota, tidak hanya secara fisik. Namun, juga dapat memberikan manfaat secara batin. Masyarakat pastinya menyambut gembira hadirnya program pembangunan yang membawa beragam manfaat untuk lingkungan sekitar tempat tinggal mereka. Wali kota berharap kondisi itu bisa menambah imun masyarakat.

‘’Kalau lingkungannya baik, indah, bersih, warga kan senang. Orang yang senang ini imunnya pasti naik. Kita terus berupaya menghadirkan itu kepada masyarakat,’’ pungkasnya sembari menyebut program Kotaku dikelola langsung tim Kotaku Kota Madiun. (ws hendro/agi/diskominfo)

Artikel Terkait

Don`t copy text!