Rakor dengan Kemensos Terkait Bantuan, Wawali Upayakan Penyaluran Tak Timbulkan Kerumunan

Di Posting Oleh madiuntoday

17 Juli 2021

MADIUN – Masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat tidak hanya soal penyekatan. Pemerintah juga menyiapkan skema pemberian bantuan-bantuan. Seperti yang terlihat dalam Rapat Koordinasi (Rakor) dengan Kementerian Sosial, Sabtu (17/6). Wakil Wali Kota Inda Raya Ayu Miko Saputri mengikuti gelaran Rakor secara virtual dari Balai Kota bersama OPD terkait.

‘’Hari ini kita rapat dengan Kemensos terkait bantuan yang akan digelontorkan ke kota dan kabupaten. Bantuan sudah ada yang disalurkan dan yang belum akan diberikan segera,’’ kata Wawali Inda Raya usai Rakor.

Bantuan seperti BPNT pusat dan daerah memang sudah dicairkan. Setidaknya terdapat 2.528 Kelompok Penerima Manfaat (KPM) BPNT daerah tahun ini. 795 di antaranya merupakan PKM lama. Sedang, untuk penerima BPNT pusat ada sebanyak 5.288 KPM. Selain itu, juga terdapat Bantuan Sosial Terpadu (BST) yang akan dicairkan selama dua bulan langsung. Penerima akan mendapatkan Rp 600 ribu.

‘’Tadi juga dibahas pemberian bantuan di luar DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial) yakni berupa beras 5 Kilogram untuk sekitar 3 ribu penerima,’’ ungkapnya.

Wawali menambahkan Pemkot Madiun akan mengupayakan tambahan item lain untuk melengkapi bantuan beras 5 Kilogram tersebut. Selain itu, Pemkot Madiun juga perlu melakukan pembahasan terkait mekanisme penyalurannya. Sebab, Kemensos mewajibkan penyaluran bantuan tidak menimbulkan kerumunan.

‘’Karena ini diluar DTKS, kami juga perlu memilah data lagi. Data itu sudah ada tetapi perlu kita fix-kan lagi. Termasuk koordinasi dengan Bulog terkait penyaluran,’’ imbuhnya.

Wawali berharap masyarakat bersabar. Bantuan sudah dan tengah diupayakan. Selain itu, masyarakat diharap juga tetap disiplin protokol kesehatan. Hal itu penting agar penularan dapat dikendalikan dan pandemi Covid-19 segera berakhir.

‘’Semua upaya terbaik sudah dan terus kita upayakan. Masyarakat harus bersabar dan turut membantu pemerintah dengan menaatai aturan dan menjalankan anjuran,’’ pungkasnya. (nanda/agi/diskominfo)

Artikel Terkait

Hangatkan Malam Tunawisma, Warga Kota Madiun Donasikan Selimut

Hangatkan Malam Tunawisma, Warga Kota Madiun Donasikan Selimut

MADIUN - Malam dingin di Kota Pendekar sedikit menghangat. Itu karena selimut yang dibagikan oleh para dermawan, kepada tunawisma dan tukang becak yang menghabiskan malam di pinggiran jalan. Sedikitnya 150 selimut dibagikan merata, di lokasi tempat tinggal sementara...

Don`t copy text!