BPNT Pusat Mulai Pencairan Lagi, Langsung Tiga Bulan Dicairkan Bertahap

Di Posting Oleh madiuntoday

22 Juli 2021

MADIUN – Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) pusat mulai kembali dicairkan. Pencairan di agen dan e-warong sudah dimulai sejak, Senin (19/7) kemarin. Setidaknya, terdapat 5.731 Kelompok Penerima Manfaat (KPM) kali ini. Jumlah tersebut bertambah 443 penerima. Itu menyusul adanya tambahan dari data hasil perbaikan.

‘’Ada tambahan karena data hasil perbaikan sudah masuk. Ini sudah mulai dicairkan sejak, Senin kemarin,’’ kata Koordinator Daerah Program Sembako Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Madiun Wahyu Sulistyono, Kamis (22/7).

Saldo yang masuk, kata Wahyu, untuk tiga bulan. Yakni, Juli, Agustus, dan September. Kendati begitu, pencairan tidak dilakukan sekaligus. Tetapi dicairkan setiap bulan. Harapannya, agar bantuan termanfaatkan optimal. Wahyu khawatir bahan pokok hasil pencairan tidak termanfaatkan maksimal jika dicairkan tiga bulan sekaligus.

‘’Arahan dari pusat memang tidak dicairkan langsung. Ini kan berupa bahan makanan. Takutnya nanti malah mubadir. Apalagi, penambahan saldo berikutnya baru dijadwalkan Oktober mendatang,’’ jelasnya.

Pihaknya sudah mensosialisasikan skema pencairan kepada agen dan e-warong. Pencairan kali ini hanya untuk satu bulan senilai Rp 200 ribu. Pencairan berikutnya dijadwalkan Agustus mendatang. Selain itu, pencairan secara bertahap juga sebagai antisipasi agar bahan makanan tidak diperjualbelikan.

‘’Selain tidak terkonsumsi maksimal, takutnya nanti malah dijual. Jadi pemerintah pusat mengantisipasi dengan pencairan secara bertahap,’’ ungkapnya.

Pencairan, lanjutnya, juga dilakukan secara terbatas dengan maksimal 30 orang sehari. Tak heran, jadwal pencairan sampai minggu depan. Hal itu penting untuk menghindari kerumunan di masa PPKM Level 4 ini.

‘’Kita batasi maksimal hanya 30 orang setiap hari. Masyarakat tidak perlu khawatir. Setelah ini untuk BST juga akan segera dicairkan,’’ pungkasnya. (dhevit/agi/madiuntoday)

Artikel Terkait

Hangatkan Malam Tunawisma, Warga Kota Madiun Donasikan Selimut

Hangatkan Malam Tunawisma, Warga Kota Madiun Donasikan Selimut

MADIUN - Malam dingin di Kota Pendekar sedikit menghangat. Itu karena selimut yang dibagikan oleh para dermawan, kepada tunawisma dan tukang becak yang menghabiskan malam di pinggiran jalan. Sedikitnya 150 selimut dibagikan merata, di lokasi tempat tinggal sementara...

Don`t copy text!