Tak Hanya Meningkatkan Imun, Tertawa Juga Bermanfaat Bagi Kesehatan Mental

Di Posting Oleh madiuntoday

22 Juli 2021

MADIUN – Hati yang gembira adalah obat yang mujarab. Ternyata kalimat tersebut bukan hanya sekadar ungkapan semata. Tak hanya baik untuk kesehatan fisik, tertawa juga bermanfaat bagi kesehatan mental.

Saat tertawa, kita akan mengalami perubahan fungsi tubuh. Perubahan ditandai dengan meregangnya otot-otot pada wajah dan tubuh, denyut jantung dan tekanan darah yang semakin meningkat, serta tarikan nafas akan semakin cepat, sehingga pasokan oksigen yang dikirim ke dalam jaringan tubuh jauh lebih banyak. 

Dilansir dari laman halodoc.com, tertawa memang memiliki banyak khasiat untuk kesehatan tubuh. Manfaat tersebut diantaranya untuk kesehatan tubuh, tertawa dapat menyehatkan jantung. Sebagian penelitian menemukan bahwa tertawa dapat meningkatkan produksi oksigen di dalam peredaran darah. Ketika seseorang tertawa, tubuh secara alami juga akan melepaskan hormon endorfin yang juga dikenal sebagai hormon pemberi rasa bahagia. Tertawa juga sudah terbukti dapat memberikan manfaat yang baik pada jantung, sama seperti ketika kamu melakukan olahraga aerobik.

Selain itu, tertawa juga bisa meningkatkan kekebalan tubuh. Sejumlah studi telah membuktikan bahwa tertawa dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh seseorang. Jadi, dengan sering tertawa, kamu jadi tidak mudah jatuh sakit, bahkan terhindar dari berbagai macam penyakit seperti flu, batuk, dan berbagai jenis alergi.

Sedangkan untuk kesehatan mental, tertawa bisa menjadi obat pereda stres, karena tertawa bisa mengurangi kadar hormon kortisol yang terlepas saat kamu merasa stres dan menggantinya dengan melepas hormon endorfin yang bisa membuatmu tenang dan bahagia. Juga mengatasi depresi, pasalnya saat merasa depresi, sudah sewajarnya kamu akan enggan tertawa. Tapi, justru dengan bercanda dan tertawa bersama teman, kamu tidak akan merasa kesepian dan pikiran pun cenderung menjadi lebih positif. Sebuah penelitian lain menemukan bahwa efek tertawa dapat menyamai efek obat penenang bagi pengidap sakit jiwa tapi tanpa disertai efek samping obat.
(kus/madiuntoday)

Artikel Terkait

Jelang Nataru, Wali Kota Gelar Rakor Tiga Pilar Di Kecamatan Taman

Jelang Nataru, Wali Kota Gelar Rakor Tiga Pilar Di Kecamatan Taman

MADIUN - Pemerintah Kota Madiun terus memantapkan persiapan menjelang perayaan Hari Raya Natal 2021 dan Tahun Baru 2022. Terutama, dalam upaya mencegah peningkatan angka penularan Covid-19 di Kota Madiun. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan menyelenggarakan...

Kemudikan Bus Wisata, Wali Kota Ajak Difabel Keliling Kota

Kemudikan Bus Wisata, Wali Kota Ajak Difabel Keliling Kota

MADIUN - Peringatan Hari Disabilitas Internasional dirayakan dengan cara yang sederhana namun berkesan di Kota Madiun. 118 penyandang disabilitas diajak keliling kota oleh Wali Kota Madiun Maidi menggunakan bus wisata. Bahkan, wali kota mengemudikan sendiri sarana...

Peringati Hari Disabilitas, Wali Kota Gelar Perayaan Bersama Difabel

Peringati Hari Disabilitas, Wali Kota Gelar Perayaan Bersama Difabel

MADIUN - Hari Disabilitas yang jatuh setiap tanggal 3 Desember juga turut diperingati di Kota Madiun. Rabu (8/12), Pemerintah Kota Madiun melalui Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak menggelar perayaan Hari Disabilitas bersama difabel Kota...

Don`t copy text!