Ingin Membeli Houseplant? Berikut Beberapa Hal yang Harus Diperhatikan

Di Posting Oleh madiuntoday

25 Agustus 2021

MADIUN – Berdiam diri di rumah dalam waktu yang cukup lama memang cukup membosankan. Namun, berbeda jika kita memiliki houseplant atau tanaman dalam ruangan. Selain bisa mempercantik ruangan, houseplant juga bisa menjernihkan mata dan pikiran.

Beberapa waktu kebelakang, houseplant memang menjadi primadona di dunia tanaman, sebab selain tidak membutuhkan tempat yang luas untuk menanamnya, perawatannya juga terbilang mudah.

Tapi ternyata itu saja tidak cukup untuk mulai menanam houseplant. Pasalnya, ada beberapa hal yang juga perlu diperhatikan sebelum membeli houseplant. Nah, berikut beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum membeli dan memelihara houseplant.

Pertama, sebelum beli tanaman, pikirkan tempat yang akan kita gunakan untuk menyimpan tanaman itu nantinya. Jika kita menaruhnya di ruang tamu yang terkena sinar matahari atau kamar mandi dengan pencahayaan rendah, maka kita harus memilih tanaman yang tepat.

Lalu, jika kita memiliki tempat teduh yang hanya bisa ditinggali beberapa tanaman hijau, coba lihat beberapa houseplant rendah cahaya, seperti philodendron. Kedua, pastikan kita mengecek atau mempelajari jenis tanaman yang akan dibeli sangat penting. Sebab, ada tanaman yang beracun bagi hewan peliharaan.

Lalu, jika kita memiliki anak kecil di rumah, perhatikan penempatan houseplant. Kita sebaiknya menghindari tanaman dengan pot besar yang ditaruh di lantai agar anak tidak menggali dan memasukan tanah ke mulutnya. Akan lebih baik jika memilih tanaman yang bisa ditaruh di atas meja dapur, tau di tempat yang tidak terjangkau anak-anak dan hewan peliharaan.

Ketiga, tak seperti tanaman lainnya, houseplant yang tengah berkembang butuh tanah berkualitas tinggi. Sebab, tanaman ini tidak dapat menyerap nutrisi seperti yang dapat dilakukan oleh tanaman luar ruangan. Biasanya, tanah pot standar merupakan campuran lumut gambut, vermikulit, dan perlit yang membantu menganginkan tanah dan memperlambat aliran air.

Terakhir dan yang paling penting yaitu komitmen, jika kita hampir tak memiliki waktu kosong, pilihlah houseplant yang mudah dirawat. Snake plant yang tidak butuh banyak perawatan akan bertahan meski kita terkadang lupa menyiramnya. Selain itu, tanaman ini juga anti serangga.
(Nanda/kus/madiuntoday)

Artikel Terkait

Serahkan BRS, Kepala BPS: IPM Kota Madiun Naik 0,42 Poin

Serahkan BRS, Kepala BPS: IPM Kota Madiun Naik 0,42 Poin

MADIUN – Indek Pembangunan Manusia (IPM) Kota Madiun masih cukup tinggi di Jawa Timur. IPM Kota Pendekar masih bertengger di tiga teratas. Pun, tercatat ada peningkatan 0,42 poin. IPM di angka 81,25 saat ini. Sementara IPM 2020 di angka 80,83. Hasil penghitungan...

Don`t copy text!