Penampakan Bulan di Pagi Hari, Ini Alasannya…

Di Posting Oleh madiuntoday

27 Agustus 2021

MADIUN – Alam semesta menyimpan berjuta rahasia yang membuat manusia terpana. Seperti yang biasa terjadi, bulan kadang masih bisa terlihat dipagi hari hingga siang, saat langit sangat cerah. Dari fenomena alam itu seringkali muncul rasa penasaran, sudah siang, kenapa bulan masih terlihat?

Ternyata fenomena terlihatnya bulan saat pagi dan siang hari benar-benar sesuatu yang wajar. Biasanya, peristiwa ini terjadi sekitar pukul 10.00 pagi atau sebelum tengah hari. Faktanya, seperti dilansir dari Space, bulan terlihat hanya sekejap pada posisi ini dan hanya terjadi selama periode bulan lunar.
Hal itu menjadikannya waktu yang tepat untuk bulan purnama, saat jarak bulan sekitar 180 derajat dari Matahari.

Saat masa ini, bulan bisa berada di mana saja, dari nol derajat sampai 180 derajat. Setidaknya secara teori, pada periode tersebut bulan dapat terlihat di langit saat siang hari. Sedangkan pada saat bulan purnama, bulan akan berada tepat di seberang matahari.

Faktor lain yang dapat membuat penampakan bulan terjadi di siang hari. Pertama, saat langit benar-benar begitu cerah, sehingga cahaya Matahari menembus bias cahaya biru dari langit. Jika melihat fenomena bulan di siang hari dengan teleskop di lokasi yang tepat, maka kita juga akan dapat melihat deretan planet di tata surya ini.

Di antaranya seperti planet Merkurius, Venus, dan Jupiter, akan dapat terlihat di siang hari yang cerah. Bahkan, sejumlah bintang paling terang juga bisa tampak terlihat. Faktor lainnya, untuk bisa tampak di siang hari yaknin, bulan harus benar-benar berada di lokasi paling tinggi di langit.

Adanya rotasi Bumi menyebabkan bulan akan berada di atas cakrawala sekitar 12 jam dalam setiap 24 jam. Sebab, pada 12 jam itu, hampir tidak pernah bertepatan dengan 12 jam pada siang hari dalam setiap 24 jam. Kemungkinan untuk bisa mengamati bulan saat siang hari, rata-rata sekitar 6 jam sehari.

Bulan terlihat pada siang hari hampir selalu terjadi setiap hari, kecuali saat dekat dengan bulan baru. Yakni ketika bulan terlalu dekat dengan Matahari dan dekat dengan waktu Bulan purnama yang hanya terlihat di malam hari. Waktu terbaik untuk melihat bulan di siang hari adalah saat kuartal bulan pertama dan terakhir, ketika bulan berada 90 derajat dari Matahari di langit.
(ws hendro/kus/madiuntoday)

Artikel Terkait

Gelar FGD Remunerasi, Wali Kota Imbau ASN Optimal Dalam Bekerja

Gelar FGD Remunerasi, Wali Kota Imbau ASN Optimal Dalam Bekerja

MADIUN - Penerapan Remunerasi bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) di Pemerintah Kota Madiun sudah berlangsung sejak 2018 lalu. Penambahan penghasilan bagi pegawai itu dengan berdasar kinerja tersebut cukup berhasil meningkatkan kinerja Pegawai Negeri Sipil (PNS). Maka...

Bea Cukai Madiun Musnahkan BB Minol dan Rokok Ilegal

Bea Cukai Madiun Musnahkan BB Minol dan Rokok Ilegal

MADIUN – Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean C Madiun kembali melaksanakan pemusnahan barang milik negara hasil penindakan di bidang cukai tahun 2021. Adapun barang ilegal tersebut terdiri atas 64 botol atau 28.160 mililiter minuman...

Don`t copy text!