Tomat Sumbang Inflasi-Cabai Rawit Pengaruhi Deflasi, Kota Madiun Catat Inflasi 0,15 Persen Pada Agustus

Di Posting Oleh madiuntoday

2 September 2021

MADIUN – Kota Madiun kembali mengalami inflasi. Hal itu mengemuka berdasar press release yang dikeluarkan Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Madiun terkait perkembangan indeks harga konsumen untuk Agustus. Pun, inflasi cukup tinggi. Kota Pendekar setidaknya mengalami inflasi sebesar 0,15 persen selama bulan tersebut.

‘’Dari delapan kabupaten/kota penghitung inflasi nasional di Jawa Timur, lima kabupaten/kota mengalami inflasi dan 3 (tiga) kabupaten/kota mengalami deflasi. Kota Madiun termasuk daerah penyumbang inflasi dengan besaran 1,15 persen,’’ kata Kepala BPS Kota Madiun Dwi Yuhenny, Kamis (2/9).

Kota Madiun, lanjutnya, berada di urutan kedua penyumbang inflasi. Inflasi tertinggi terjadi di Kota Surabaya dengan sebesar 0,37 persen. Sedang, inflasi terendah terjadi Kota Malang sebesar 0,03 persen. Sementara terkait deflasi terendah terjadi di Kabupaten Sumenep dengan besaran 0,16 persen.

‘’Sedang, untuk Indeks Harga Konsumen (IHK) di Kota Madiun tercatat sebesar 105,43,’’ ungkapnya.

Dwi menjelaskan, inflasi di Kota Madiun terjadi karena adanya kenaikan IHK pada kelompok kebutuhan tertentu. Di antaranya kelompok penyedia makanan dan minuman/restoran sebesar 0,34 persen, kelompok makanan dan minuman dan tembakau sebesar 0,030 persen, kelompok perawatan pribadi dan jasa lainnya sebesar 0,14 persen, kelompok perumahan, air, listrik, dan bahan bakar lainnya sebesar 0,12 persen, hingga kelompok pendidikan sebesar 0,07 persen.

‘’Kenaikan IHK di Kota Madiun dipicu naiknya harga pada beberapa komoditas yang dominan diantaranya: jeruk, tomat, jagung manis, pecel, kontrak rumah, dan lain sebagainya,’’ ungkapnya.

Sebaliknya, komoditas cabai rawit malah menghambat inflasi alias penyumbang deflasi di Kota Madiun. Selain itu, kacang panjang, beras, terung, dan daging ayam ras juga menjadi penyumbang deflasi. (dhevit/agi/madiuntoday)

Artikel Terkait

Jelang Nataru, Wali Kota Gelar Rakor Tiga Pilar Di Kecamatan Taman

Jelang Nataru, Wali Kota Gelar Rakor Tiga Pilar Di Kecamatan Taman

MADIUN - Pemerintah Kota Madiun terus memantapkan persiapan menjelang perayaan Hari Raya Natal 2021 dan Tahun Baru 2022. Terutama, dalam upaya mencegah peningkatan angka penularan Covid-19 di Kota Madiun. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan menyelenggarakan...

Kemudikan Bus Wisata, Wali Kota Ajak Difabel Keliling Kota

Kemudikan Bus Wisata, Wali Kota Ajak Difabel Keliling Kota

MADIUN - Peringatan Hari Disabilitas Internasional dirayakan dengan cara yang sederhana namun berkesan di Kota Madiun. 118 penyandang disabilitas diajak keliling kota oleh Wali Kota Madiun Maidi menggunakan bus wisata. Bahkan, wali kota mengemudikan sendiri sarana...

Peringati Hari Disabilitas, Wali Kota Gelar Perayaan Bersama Difabel

Peringati Hari Disabilitas, Wali Kota Gelar Perayaan Bersama Difabel

MADIUN - Hari Disabilitas yang jatuh setiap tanggal 3 Desember juga turut diperingati di Kota Madiun. Rabu (8/12), Pemerintah Kota Madiun melalui Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak menggelar perayaan Hari Disabilitas bersama difabel Kota...

Don`t copy text!