Vaksinasi Pelajar Capai 50 Persen, Peserta Didik di Antigen Sebelum PTM

Di Posting Oleh madiuntoday

14 September 2021

MADIUN – Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terus dipersiapkan di Kota Madiun. Bahkan, Wali Kota Madiun Maidi menargetkan PTM secara terbatas bisa dimulai 20 September nanti. Hal itu menyusul capaian vaksinasi untuk pelajar sudah nyaris mencapai 50 persen sampai saat ini.

‘’PTM terbatas siap, kota kita kan sebenarnya sudah siap tinggal nunggu status saja. Guru sudah divaksin semua. Tetapi biar aman, murid juga harus divaksin. Saat ini kita sedang mengejar itu,’’ kata wali kota, Selasa (14/9).

Wali kota menyebut vaksinasi pelajar sudah nyaris 50 persen. Ini merupakan remaja di atas usia 12 tahun. Artinya, untuk SMP ke atas. Sedang, vaksinasi tingkat SD masih menunggu instruksi lebih lanjut. Vaksinasi, kata wali kota, juga dioptimalkan untuk sekolah yang berdekatan. Salah satunya, kompleks SMP 1, 3, 13 yang cukup berdekatan. Ketiganya didahulukan karena pelajarnya berpotensi untuk saling bertemu.

‘’Yang berada satu kompleks kita dahulukan, minggu ini selesai semua. Mau masuk, kita antigen semua dulu. Gratis. Artinya, anak masuk itu benar-benar anak-anak yang sehat,’’ tegasnya sembari menyebut menggandeng laboratorium swasta.

Selain itu, lanjut wali kota, UKS juga diperkuat. Setiap sekolah wajib memiliki tempat isolasi sementara. Anak yang terlihat sakit atau muncul gejala langsung dipindahkan ke tempat isolasi tersebut. Petugas puskesmas didatangkan untuk memeriksa. Jika kemudian terindikasi sakit, satu kelas tersebut akan dilakukan pemeriksaan.

‘’Kalau ada yang sakit kita kejar. Kita tracing sampai ke orang tuanya. Prinsipnya, yang sakit harus segera mendapatkan penanganan agar tidak menulari yang lain,’’ terangnya.

Sedang terkait kapasitas, wali kota menyebut akan menyesuaikan status level PPKM. Seperti kapasitas 50 persen untuk level tiga. Pun, jam pelajaran juga dikurangi. Kantin juga tidak diperkenankan buka, agar siswa tidak perlu buka masker untuk makan dan minum.

‘’Intinya kita sudah siap, tinggal menunggu vaksinasi selesai lalu antigen dan (PTM) bisa dimulai,’’ pungkasnya. (ws hendro/agi/madiuntoday)

.

Artikel Terkait

Pendidikan Tatap Muka SD Hari Pertama

Pendidikan Tatap Muka SD Hari Pertama

Sejumlah siswa bersenda gurau saat menunggu giliran untuk mengikuti Rapid Test Antigen, (27/10/2021). Pemerintah Kota Madiun menggelar Rapid Test Antigen kepada semua...

Don`t copy text!