Lampaui Target 70 Persen, Wali Kota Kejar 80 Persen Warga Tervaksinasi di Akhir September

Di Posting Oleh madiuntoday

15 September 2021

MADIUN – Upaya vaksinasi yang masif dilakukan Pemerintah Kota Madiun membuahkan hasil. Setidaknya, target vaksinasi Covid-19 di Kota Madiun sudah lampaui target. Vaksinasi sudah tercapai 77 persen sampai saat ini. Padahal, vaksinasi ditarget 70 persen hingga September ini.

‘’Vaksinasi kita sudah 77 persen. Insyaallah, September ini bisa 80 persen,’’ kata Wali Kota Madiun Maidi usai Cangkrukan di Kelurahan Taman, Selasa (14/9) malam.

Giat vaksinasi memang dilakukan siang dan malam. Salah satunya, melalui giat Cangkrukan Bareng Wali Kota dan Salat Isya’ berjamaah. Vaksinasi sistem jemput bola tersebut dirasa cukup efektif. Setidaknya, ada seratusan warga yang dilakukan vaksinasi dalam sekali kegiatan. Sebelumnya, petugas juga melakukan vaksinasi secara door to door. Wali kota berharap seluruh sasaran bisa segera tervaksinasi untuk membentuk herd immunity di Kota Madiun.

‘’Saat ini kita juga tengah mengejar vaksinasi untuk usia remaja khususnya pelajar. Sebelum PTM, pelajar sudah harus tervaksinasi dan juga akan kita swab antigen,’’ tegasnya.

Setiap UKS, kata wali kota, juga akan disediakan alat antigen. Petugas juga disiapkan. Harapannya, setiap UKS harus bisa melakukan pemeriksaan antigen secara mandiri. Hal itu penting untuk meminimalkan penularan saat PTM sudah berlangsung. Wali kota menyebut peserta didik yang bergejala harus langsung mendapatkan penanganan.

‘’Kalau setiap UKS bisa melakukan itu, maka penanganan bisa cepat. Jangan sampai menulari yang lain kalau ada yang sakit. Langkah-langkah ini kita ambil demi kesehatan anak-anak kita tetapi tetap bisa belajar tatap muka seperti dulu,’’ ungkapnya.

Vaksinasi dan tracing memang dimasifkan di Kota Madiun. Pemerintah setempat bekerja sama dengan 14 laboratorium swasta untuk melakukan tracing ke masyarakat. Seperti yang terlihat saat giat Cangkrukan Bareng Wali Kota di Kelurahan Taman. Swab antigen di giat tersebut bekerja sama dengan Laboratorium Klinik Pramita. (nanda/agi/madiuntoday)

Artikel Terkait

Pendidikan Tatap Muka SD Hari Pertama

Pendidikan Tatap Muka SD Hari Pertama

Sejumlah siswa bersenda gurau saat menunggu giliran untuk mengikuti Rapid Test Antigen, (27/10/2021). Pemerintah Kota Madiun menggelar Rapid Test Antigen kepada semua...

Don`t copy text!