Terus Dipersiapkan, PTM Direncanakan Mulai Pekan Depan

Di Posting Oleh madiuntoday

15 September 2021

MADIUN – Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terus dipersiapkan. Bahkan, Wali Kota Madiun Maidi menargetkan PTM untuk sejumlah SMP bisa dimulai pekan depan.

‘’Vaksinasi pelajar terus kita kejar. Kalau ini (vaksinasi) lancar tanggal 20 bisa mulai (tatap muka). Tetapi sebelum itu kita swab semua,’’ kata Wali Kota Madiun Maidi, selasa (15/9).

Itu bukan tanpa alasan. Vaksinasi pelajar di Kota Madiun memang terus dimasifkan. Sebelumnya, semua tenaga pendidik dan tenaga di sekolah juga sudah dilakukan vaksinasi. Saat ini, petugas terus mengejar vaksinasi untuk usia remaja khususnya pelajar SMP baik negeri maupun swasta.

‘’Vaksin sudah, terus kita swab semua. Jadi kalau mereka masuk itu benar-benar sehat. Sehat ketemu sehat kan aman. Yang sakit, nanti dulu. Kita rawat dulu setelah sehat baru gabung,’’ jelasnya.

Pun, UKS juga wajib optimal. Setiap UKS akan disediakan alat antigen. Petugas juga disiapkan. Harapannya, setiap UKS harus bisa melakukan pemeriksaan antigen secara mandiri. Hal itu penting untuk meminimalkan penularan saat PTM sudah berlangsung. Wali kota menyebut peserta didik yang bergejala harus langsung mendapatkan penanganan.

‘’Kalau setiap UKS bisa melakukan itu, maka penanganan bisa cepat. Jangan sampai menulari yang lain kalau ada yang sakit. Langkah-langkah ini kita ambil demi kesehatan anak-anak kita tetapi tetap bisa belajar tatap muka seperti dulu,’’ ungkapnya.

Kendati begitu PTM tentu bakal menyesuaikan aturan yang ada. Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Kota Madiun Slamet Hariyadi menyebut belum semua sekolah kembali menerapkan PTM. Yakni, baru untuk SMPN 1, 2, 3, 4, 5, 6, dan 7. Sedang, untuk tingkat SD belum sama sekali.

‘’Skemanya 50 persen dan terbagi dua shif. Setiap kali tatap muka maksimal hanya tiga jam,’’ jelasnya sembari menyebut tingkat SD direncanakan mulai 27 September bagi sekolah yang dinilai sudah siap. (ws hendro/agi/madiuntoday)

Artikel Terkait

Pendidikan Tatap Muka SD Hari Pertama

Pendidikan Tatap Muka SD Hari Pertama

Sejumlah siswa bersenda gurau saat menunggu giliran untuk mengikuti Rapid Test Antigen, (27/10/2021). Pemerintah Kota Madiun menggelar Rapid Test Antigen kepada semua...

Don`t copy text!