Komitmen Wujudkan Kesetaraan Gender, Pemkot Madiun Raih Anugerah Parahita Ekapraya

Di Posting Oleh madiuntoday

27 September 2021

MADIUN – Upaya Pemerintah Kota Madiun dalam mewujudkan kesetaraan gender berbuah manis. Kota Pendekar mendapatkan penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) baru-baru ini. Kota Madiun mendapatkan penghargaan untuk 2020 dengan kategori Madya.

Penghargaan itu berangkat dari hasil evaluasi pelaksanaan strategi Pengarusutamaan Gender (PUG) di daerah. Kota Madiun dinilai layak mendapatkan penghargaan itu lantaranya cukup banyaknya peran perempuan di berbagai bidang.

‘’Di kota ini tidak membeda-bedakan atas jenis kelaminnya. Saya tidak melihat itu laki-laki atau perempuan. Di lingkup pemerintah, ada banyak jabatan yang ditempati perempuan dan hasilnya cukup baik,’’ kata Wali Kota Madiun Maidi, Senin (27/9).

Itu, tidak hanya terjadi di Pemkot Madiun. Peran perempuan juga banyak terlihat di DPRD Kota Madiun. Setidaknya ada tujuh anggota dewan dari kaum hawa pada periode saat ini. Wali kota menambahkan masyarakat juga selalu diingatkan agar tidak memandang remeh kaum perempuan. Sebab, perempuan juga banyak memiliki kelebihan. Wali kota membuktikan dari sejumlah kelurahan yang di pimpin lurah perempuan dapat berkembang tak kalah menarik.

‘’Dari program Lapak UMKM di tiap kelurahan itu bisa terlihat. Kalau lurahnya perempuan, lapaknya akan berbeda. Lebih ada sentuhan keindahan dan erat kaitannya dengan alam. Seperti bunga dan tanaman lainnya,’’ ungkapnya.

Wali kota berharap peran perempuan semakin ditingkatkan ke depan. Caranya dengan banyak tampil ke depan. Wali kota optimis ada banyak perempuan-perempuan luar biasa di Kota Madiun. Namun, belum terlihat karena lebih banyak diam. Karenanya, wali kota terus mendorong kaum perempuan untuk tidak hanya menjadi pendamping suami. Tetapi juga berperan aktif dalam berbagai bidang lain. (ws hendro/agi/madiuntoday)

.

Artikel Terkait

Gelar FGD Remunerasi, Wali Kota Imbau ASN Optimal Dalam Bekerja

Gelar FGD Remunerasi, Wali Kota Imbau ASN Optimal Dalam Bekerja

MADIUN - Penerapan Remunerasi bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) di Pemerintah Kota Madiun sudah berlangsung sejak 2018 lalu. Penambahan penghasilan bagi pegawai itu dengan berdasar kinerja tersebut cukup berhasil meningkatkan kinerja Pegawai Negeri Sipil (PNS). Maka...

Bea Cukai Madiun Musnahkan BB Minol dan Rokok Ilegal

Bea Cukai Madiun Musnahkan BB Minol dan Rokok Ilegal

MADIUN – Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean C Madiun kembali melaksanakan pemusnahan barang milik negara hasil penindakan di bidang cukai tahun 2021. Adapun barang ilegal tersebut terdiri atas 64 botol atau 28.160 mililiter minuman...

Don`t copy text!