Pembinaan Tim Pengembang Kurikulum, Wali Kota: Anak Didik Juga Wajib Dibekali Skill

Di Posting Oleh madiuntoday

27 September 2021

MADIUN – Kemajuan bidang pendidikan tak terlepas dari peran kepala sekolah dan guru. Karenanya, pelatihan dan pembinaan terus dilakukan. Bahkan, Wali Kota Madiun Maidi menjadi salah satu narasumber pelatihan tersebut.

‘’SDM harus berkembang terus. Harus berkualitas. Manajemen harus dikuasai pimpinan-pimpinan sekolah. Karenanya, kepala sekolah dan guru harus menguasai manajemen dulu baru ke anak-anak,’’ kata wali kota usai pembinaan Tim Pengembang Kurikulum Guru SMP Graha Mangga, Senin (27/9).

Pimpinan sekolah, lanjut wali kota, memegang peran penting dalam kemajuan di sekolah. Karenanya, SDM pimpinan harus terus ditingkatkan terlebih dahulu. Bahkan, wali kota menyebut kurikulum bukan sekedar menggugurkan kewajiban. Tetapi harus memiliki nilai tambah lain. Harapannya, SDM di Kota Madiun berbeda dengan daerah lain.

‘’Saya tidak ingin ana-anak ini hanya menguasai materi. Tetapi harus juga punya skill. Nah, para pimpinan sekolah ini harus bisa menyajikan kurikulum sekaligus pengembangan skill bagi peserta didik,’’ tegasnya.

Wali kota menyebut peserta didik Kota Madiun harus memiliki bekal yang lengkap usai lulus. Mulai keilmuan juga skill untuk mereka hidup ke depan. Hal itu penting mengingat keterbatasan sumber daya alam di Kota Madiun. Tak ayal SDM harus berkualitas sebagai gantinya.

‘’Jadi anak-anak itu sangunya lengkap. Ilmunya ada, skill-nya punya. Ini penting untuk kota,’’ ungkapnya.

Pelatihan dan pembinaan berlangsung tiga hari dengan diikuti 75 peserta terdiri dari kepala SMP, guru, dan fasilitator. Peserta dilakukan rapid antigen sebelum pelatihan. Tidak ada seorangpun peserta dengan hasil negatif. (nanda/agi/diskominfo)

Artikel Terkait

Gelar FGD Remunerasi, Wali Kota Imbau ASN Optimal Dalam Bekerja

Gelar FGD Remunerasi, Wali Kota Imbau ASN Optimal Dalam Bekerja

MADIUN - Penerapan Remunerasi bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) di Pemerintah Kota Madiun sudah berlangsung sejak 2018 lalu. Penambahan penghasilan bagi pegawai itu dengan berdasar kinerja tersebut cukup berhasil meningkatkan kinerja Pegawai Negeri Sipil (PNS). Maka...

Bea Cukai Madiun Musnahkan BB Minol dan Rokok Ilegal

Bea Cukai Madiun Musnahkan BB Minol dan Rokok Ilegal

MADIUN – Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean C Madiun kembali melaksanakan pemusnahan barang milik negara hasil penindakan di bidang cukai tahun 2021. Adapun barang ilegal tersebut terdiri atas 64 botol atau 28.160 mililiter minuman...

Don`t copy text!