Punya Banyak Khasiat Bagi Kesehatan, Bunga Telang Jadi Primadona Baru Minuman Herbal

Di Posting Oleh madiuntoday

27 September 2021

MADIUN – Cilatoria Ternatea atau yang biasa dikenal dengan bunga telang tengah jadi primadona di bidang minuman herbal. Ternyata, bunga yang memiliki warna khas ungu itu memiliki banyak khasiat bagi kesehatan. Beberapa manfaat yang didapat antara lain untuk meningkatkan daya ingat, menjaga kesehatan mata, mengurangi gangguan kecemasan, meredakan stress, dan kandungan antioksidan yang dimilikinya bisa mencegah penuaan dini (anti aging).

Tak hanya itu, manfaat bunga telang lainnya yaitu membantu menurunkan berat badan, detoksifikasi tubuh, menenangkan pikiran, serta meningkatkan kesehatan kulit dan pertumbuhan rambut. Kini yang tengah jadi sorotan, bunga telang paling umum dikonsumsi dengan cara diseduh untuk dijadikan teh.

Bunga telang kering kemasan sudah banyak dijual di pasaran, namun untuk produk minuman herbal kemasan masih jarang. Kesempatan itulah yang dijadikan peluang bagi ibu-ibu P2L Taman Asri. Berbekal tumbuhan bunga telang yang ditanam di pekarangan pangan lestari lingkungan sekitar, mereka mengemas bunga telang olahan dengan sangat apik menggunakan botol kekinian dengan packaging yang layak untuk diperjual belikan.

Lalu, bagaimana jika kita ingin mengolah bunga telang agar dapat kita nikmati manfaatnya? Cara membuat teh bunga telang cukup sederhana. Rebus beberapa kelopak bunga telang, bersama dengan serai kering dalam air selama 5-10 menit. Tambahkan madu ke ramuan herbal ini dan sajikan hangat sebelum makan. Teh bunga telang juga dapat dikonsumsi dingin, setelah makan, untuk membantu pencernaan dan meningkatkan kualitas tidur di malam hari.
(Nanda/kus/madiuntoday)

Artikel Terkait

Gelar FGD Remunerasi, Wali Kota Imbau ASN Optimal Dalam Bekerja

Gelar FGD Remunerasi, Wali Kota Imbau ASN Optimal Dalam Bekerja

MADIUN - Penerapan Remunerasi bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) di Pemerintah Kota Madiun sudah berlangsung sejak 2018 lalu. Penambahan penghasilan bagi pegawai itu dengan berdasar kinerja tersebut cukup berhasil meningkatkan kinerja Pegawai Negeri Sipil (PNS). Maka...

Bea Cukai Madiun Musnahkan BB Minol dan Rokok Ilegal

Bea Cukai Madiun Musnahkan BB Minol dan Rokok Ilegal

MADIUN – Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean C Madiun kembali melaksanakan pemusnahan barang milik negara hasil penindakan di bidang cukai tahun 2021. Adapun barang ilegal tersebut terdiri atas 64 botol atau 28.160 mililiter minuman...

Don`t copy text!