Salat Isya’ di Masjid Al Mubarok, Wali Kota Kembali Ingatkan Pentingnya Vaksin Bagi Lansia

Di Posting Oleh madiuntoday

8 Oktober 2021

MADIUN – Giat vaksinasi dan testing melalui rapid antigen gencar dilakukan Pemerintah Kota Madiun. Keduanya kembali dilakukan bersamaan giat Salat Isya’ di Masjid Al Mubarok Kelurahan Kanigoro, Kamis (7/10). Upaya tersebut dilakukan sekaligus mengejar capaian vaksinasi guna menekan kasus Covid-19 di Kota Pendekar.

‘’Saat ini vaksinasi kita sudah mendekati 90 persen. Ini terus kita kejar agar seluruh masyarakat semakin terlindungi,’’ kata wali kota.

Vaksinasi, lanjut wali kota, memang tidak bisa mencegah seseorang terjangkit virus. Tetapi, setidaknya membantu mengurangi resiko yang ditimbulkan. Salah satunya, dampak kematian. Sampai saat ini ada sebanyak 509 orang meninggal karena Covid-19. 60 persen di antaranya dari golongan lansia. Karenanya, wali kota getol mengejar vaksinasi untuk lansia.

‘’Lansia ini rawan. Sekali kena bisa fatal karena kebanyakan memiliki penyakit penyerta. Lansia harus segera divaksin untuk menekan resiko kalau kena (Covid-19),’’ tegasnya.

Wali kota menambahkan vaksinasi lansia masih kurang sekitar 6 persen dari target menuju level 1. Karenanya, Pemkot Madiun terus mengejar kekurangan tersebut. Wali kota telah membentuk tim khusus untuk melakukan vaksinasi secara door to door. Lansia, kata wali kota, cukup melakukan panggilan telepon dan petugas langsung datang.

‘’Tidak usah pilih-pilih jenis vaksin. Semua vaksin aman. Lebih baik segera divaksin karena Covid-19 ini tidak kelihatan. Bisa menjangkiti dimana dan kapan saja,’’ terangnya.

Tim juga akan berkeliling mencari lansia yang belum tervaksin. Jumlah lansia di Kota Madiun cukup banyak. Yakni, mencapai 23 ribu. Seratusan di antaranya termasuk lansia non produktif alias ngebrok. Wali kota menyebut petugas vaksin akan datang bersamaan petugas bantuan logistik.

‘’Nanti akan kita sisir sampai lansia ini tervaksinasi semua. Termasuk nanti juga ada senam lansia sekaligus vaksinasi dan rapid antigen,’’ pungkasnya. (ws hendro/agi/diskominfo)

Artikel Terkait

Serahkan BRS, Kepala BPS: IPM Kota Madiun Naik 0,42 Poin

Serahkan BRS, Kepala BPS: IPM Kota Madiun Naik 0,42 Poin

MADIUN – Indek Pembangunan Manusia (IPM) Kota Madiun masih cukup tinggi di Jawa Timur. IPM Kota Pendekar masih bertengger di tiga teratas. Pun, tercatat ada peningkatan 0,42 poin. IPM di angka 81,25 saat ini. Sementara IPM 2020 di angka 80,83. Hasil penghitungan...

Don`t copy text!