Belajar Otodidak, Divanda Chessa Putri Maharani Berhasil Juarai Lomba Menari Nasional

Di Posting Oleh madiuntoday

13 Oktober 2021

MADIUN – Kota Madiun memang tak pernah sepi dari prestasi. Kali ini, capaian membanggakan itu disumbangkan oleh Divanda Chessa Putri Maharani. Warga Jalan Kaswari, Kota Madiun itu berhasil menyabet gelar juara di event Indonesia Menari Virtual yang diselenggarakan oleh Indonesia Kaya.

‘’Lombanya dimulai sejak September. Ada tiga babak. Penyisihan, semifinal, dan final. Saya ikut kategori B untuk usia 13-18 tahun,’’ tutur Divanda saat ditemui pada Senin (11/10).

Menurut Divanda, total ada 9 ribu pendaftar di semua kategori. Kemudian, dipilih 100 penari terbaik di babak penyisihan. Selanjutnya, dipilih lagi 20 peserta di babak semifinal. Terakhir, dipilih enam orang terbaik di babak final. ‘’Puji Tuhan saya terpilih di antara enam orang pemenang itu,’’ ucap mahasiswa semester 1 Jurusan Pendidikan Seni Tari dan Musik Universitas Negeri Malang itu.

Perasaan bahagia dan bangga tentu dirasakan oleh putri pasangan Andrias Kusuma dan Yuli Satiya Purwaningsih itu. Apalagi, selama ini Divanda mempelajari seni tari secara otodidak. Video YouTube dan hasil berbagi pengalaman dengan teman menjadi guru bagi dirinya.

Selain itu, dukungan orang tua juga sangat berarti bagi dara kelahiran 22 Juni 2003 tersebut. Sejak SMP hingga saat ini sudah banyak event yang dia ikuti. Baik kompetisi tari maupun acara-acara khusus yang membutuhkan penampilan penari.

‘’Awalnya mama yang mengarahkan. Waktu itu sekolah (SMP, red) akan ikut lomba Tari Gambyong. Lalu, diikutkan oleh guru dan mama. Setelah itu keterusan sampai sekarang,’’ ungkap alumnus program Belajar Bersama Maestro (BBM) yang diselenggarakan oleh Kemendikbud itu.

Ke depannya, Divanda berupaya untuk memperdalam keterampilannya menari. Dia juga berharap bisa sukses dengan kemampuannya itu. Serta, menjadi motivasi bagi generasi muda bahwa belajar keterampilan tidak harus mahal. Bahkan, bisa dilakukan sendiri. Asal ada kemauan dan niat yang kuat. ‘’Juga banyak sharing dengan teman-teman dan latihan,’’ tandasnya. (WS Hendro/irs/madiuntoday)

Artikel Terkait

Gelar FGD Remunerasi, Wali Kota Imbau ASN Optimal Dalam Bekerja

Gelar FGD Remunerasi, Wali Kota Imbau ASN Optimal Dalam Bekerja

MADIUN - Penerapan Remunerasi bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) di Pemerintah Kota Madiun sudah berlangsung sejak 2018 lalu. Penambahan penghasilan bagi pegawai itu dengan berdasar kinerja tersebut cukup berhasil meningkatkan kinerja Pegawai Negeri Sipil (PNS). Maka...

Bea Cukai Madiun Musnahkan BB Minol dan Rokok Ilegal

Bea Cukai Madiun Musnahkan BB Minol dan Rokok Ilegal

MADIUN – Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean C Madiun kembali melaksanakan pemusnahan barang milik negara hasil penindakan di bidang cukai tahun 2021. Adapun barang ilegal tersebut terdiri atas 64 botol atau 28.160 mililiter minuman...

Don`t copy text!