Pelanggan Meningkat, PT KAI Tambah Jadwal Perjalanan KA Jarak Jauh

Di Posting Oleh madiuntoday

14 Oktober 2021

MADIUN – Seiring menurunnya kasus penularan Covid-19, jumlah penumpang kereta api juga turut bertambah. Misalnya seperti di stasiun wilayah Daop 7 Madiun. Pada periode 1-11 Oktober 2021 tercatat 43.373 pelanggan menggunakan jasa KA.

‘’Jumlah tersebut meningkat sebesar 81 persen jika dibandingkan pada periode yang sama bulan September 2021, yaitu hanya 8.292 pelanggan KA,’’ ungkap Manager Humas Daop 7 Madiun Ixfan Hendriwintoko.

Untuk itu, PT Kereta Api Indonesia (Persero) menambah jadwal perjalanan KA jarak jauh. Yakni, kereta yang tadinya hanya beroperasi di akhir pekan kini berjalan setiap hari. Di antaranya seperti KA Brantas, Singasari, Pasundan, Wijayakusuma, Malabar, Ranggajati, dan Bangunkarta.

Meski belum semua KA jarak jauh yang beroperasi setiap hari, namun Ixfan mengungkapkan bahwa jumlah ini lebih banyak dibandingkan ketika PPKM masih berada di level 4.

Terkait syarat menggunakan jasa KA, PT KAI Daop 7 Madiun masih menerapkan protokol kesehatan yang ketat sesuai SE Kemenhub No 69 Th 2021. Yakni, pelanggan KA jarak jauh wajib menunjukkan kartu vaksin minimal dosis pertama.

‘’Pelanggan juga wajib menunjukkan surat keterangan hasil negatif tes RT-PCR maksimal 2×24 jam atau Rapid Test Antigen maksimal 1×24 jam sebelum jadwal keberangkatan. Pelanggan usia di bawah 12 tahun untuk sementara waktu tidak diperkenankan melakukan perjalanan,’’ paparnya.

Lebih lanjut, Ixfan menjelaskan, KAI telah mengintegrasikan sistem boarding dengan aplikasi Peduli Lindungi. Sehingga, data vaksinasi dan hasil tes Covid-19 pelanggan akan otomatis muncul pada layar komputer petugas. Integrasi ini bertujuan untuk mempermudah pelanggan, memperlancar proses pemeriksaan dokumen, dan menghindari pemalsuan dokumen.

Sementara itu, hingga saat ini KAI masih menyediakan fasilitas Rapid Test Antigen di stasiun dengan harga terjangkau. Yaitu, dengan tarif Rp 45 ribu untuk setiap pemeriksaan. “Penyesuaian tarif merupakan salah satu bentuk peningkatan pelayanan KAI kepada pelanggan,” jelasnya.

Adapun daftar stasiun yang melayani pemeriksaan Rapid Tes Antigen di wilayah Daop 7 Madiun adalah Madiun, Blitar, Jombang, Kediri, Kertosono, Tulungagung, dan Nganjuk. Untuk dapat melakukan pemeriksaan Rapid Test Antigen di stasiun, calon pelanggan wajib memiliki tiket atau kode booking KA jarak jauh yang sudah lunas.

“KAI mendukung penuh upaya pemerintah dalam melakukan screening deteksi Covid-19 pada moda transportasi kereta api guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” tandasnya. (Nanda/irs/madiuntoday)

Artikel Terkait

Gelar FGD Remunerasi, Wali Kota Imbau ASN Optimal Dalam Bekerja

Gelar FGD Remunerasi, Wali Kota Imbau ASN Optimal Dalam Bekerja

MADIUN - Penerapan Remunerasi bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) di Pemerintah Kota Madiun sudah berlangsung sejak 2018 lalu. Penambahan penghasilan bagi pegawai itu dengan berdasar kinerja tersebut cukup berhasil meningkatkan kinerja Pegawai Negeri Sipil (PNS). Maka...

Bea Cukai Madiun Musnahkan BB Minol dan Rokok Ilegal

Bea Cukai Madiun Musnahkan BB Minol dan Rokok Ilegal

MADIUN – Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean C Madiun kembali melaksanakan pemusnahan barang milik negara hasil penindakan di bidang cukai tahun 2021. Adapun barang ilegal tersebut terdiri atas 64 botol atau 28.160 mililiter minuman...

Don`t copy text!