Daun Tanaman Hias Menguning dan Berbintik Coklat? Bisa Jadi Tanda Tanamanmu Tak Bahagia

Di Posting Oleh madiuntoday

18 Oktober 2021

MADIUN – Merawat tanaman hias merupakan salah satu hal yang sedang ngetren di masa pandemi ini. Sebagian orang rela merogoh kantung dalam-dalam dan menghabiskan banyak waktu untuk berduaan dengan tanaman. Namun, bagaimana jika kita sudah merawat sepenuh hati tapi tanaman menunjukkan tanda-tanda tak bahagia?

Seperti misalnya menguning dan muncul bintik coklat pada daun-daunnya. Tenang, meskipun warna daun yang menguning dan muncul bintik coklat merupakan pertanda masalah, namun faktanya hal itu bisa diatasi. Dikutip dari laman Foxnews, ada beberapa cara atau langkah untuk mengatasi tanaman yang sedang tak sehat.

Stres karena masalah kelembapan. Penyebab umum daun tanaman hias menguning adalah terlalu sering atau jarang disiram air. Ketika air dalam tanah tidak cukup, hal itu menyebabkan tanaman kesulitan untuk mengakumulasi nutrisi yang dibutuhkannya untuk berfotosintesis.

Nah, untuk mengetahui apakah tanaman cukup air atau tidak, kita disarankan untuk memeriksa tanah yang ada pada tanaman. Jika di kedalaman beberapa sentimeter tanah mengering, itu artinya tanaman harus disiram. Tak hanya itu, kita juga dapat mengetahui apakah tanaman perlu disiram air dari penampilannya. Daun tanaman yang kekurangan air akan terlihat kering, kuning dan pinggiran daun menjadi kering atau renyah. Terlalu banyak air pada tanaman juga menarik hama dan menimbulkan masalah seperti tanah berjamur. Apabila merasa bingung menentukan jadwal penyiraman yang tepat, coba gunakan beberapa alat berkebun seperti alat yang menyiram tanaman secara otomatis atau penguji tanah.

Selain penyiraman, hal yang harus diperhatikan lainnya yaitu, tingkat pencahayaan. Bukan hal mudah mendapatkan tingkat pencahayaan yang pas untuk tanaman hias di rumah. Dengan sedikit riset dan uji coba peletakan tanaman di berbagai lokasi di rumah, kita dapat menemukan lokasi yang paling cocok untuk meletakkan tanaman agar memperoleh sinar matahari.

Pasalnya, kurangnya sinar matahari adalah alasan umum mengapa daun menguning. Padahal, daun yang tampak cokelat dan renyah atau daun yang memutih bisa menandakan tanaman kita terbakar karena terkena sinar matahari berlebih. Maka dari itu hal yang harus dilakukan adalah memindahkan tanaman yang membutuhkan lebih banyak sinar matahari lebih dekat ke jendela.
Apabila rumah tidak memiliki banyak jendela, atau lokasi jendela kurang cocok untuk meletakkan tanaman, cobalah lampu LED yang bisa disesuaikan dengan tempat kita menaruh tanaman.
(nanda/kus/madiuntoday)

Artikel Terkait

Jelang Nataru, Wali Kota Gelar Rakor Tiga Pilar Di Kecamatan Taman

Jelang Nataru, Wali Kota Gelar Rakor Tiga Pilar Di Kecamatan Taman

MADIUN - Pemerintah Kota Madiun terus memantapkan persiapan menjelang perayaan Hari Raya Natal 2021 dan Tahun Baru 2022. Terutama, dalam upaya mencegah peningkatan angka penularan Covid-19 di Kota Madiun. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan menyelenggarakan...

Kemudikan Bus Wisata, Wali Kota Ajak Difabel Keliling Kota

Kemudikan Bus Wisata, Wali Kota Ajak Difabel Keliling Kota

MADIUN - Peringatan Hari Disabilitas Internasional dirayakan dengan cara yang sederhana namun berkesan di Kota Madiun. 118 penyandang disabilitas diajak keliling kota oleh Wali Kota Madiun Maidi menggunakan bus wisata. Bahkan, wali kota mengemudikan sendiri sarana...

Peringati Hari Disabilitas, Wali Kota Gelar Perayaan Bersama Difabel

Peringati Hari Disabilitas, Wali Kota Gelar Perayaan Bersama Difabel

MADIUN - Hari Disabilitas yang jatuh setiap tanggal 3 Desember juga turut diperingati di Kota Madiun. Rabu (8/12), Pemerintah Kota Madiun melalui Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak menggelar perayaan Hari Disabilitas bersama difabel Kota...

Don`t copy text!