Unik! Gerbong Kereta Ini Disulap Jadi Kafe Hingga Museum

Di Posting Oleh madiuntoday

21 Oktober 2021

MADIUN – Gerbong kereta tak berpenumpang berjejer rapi di depan gedung PT. Industri Kereta Api (INKA), Jalan Yos Sudarso Kota Madiun. Tak hanya gerbong kereta saja, namun miniatur lokomotif klasik kereta juga ada.

Ternyata itu merupakan satu terobosan untuk mendongkrak ekonomi yang baru-baru ini dilakukan oleh PT. Industri Kereta Api INKA (Persero) Madiun. Yakni dengan menyulap kereta penumpang prototipe pertama yang diproduksi PT INKA untuk dijadikan kafe dan resto.

“Konsepnya gabungan antara wisata, resto kafe dan pendidikan. Jadi ini untuk meningkatkan kecintaan masyarakat terhadap kereta api dan agar mereka bisa mengetahui sejarah perkeretaapian di Indonesia,” ujar Senior Manager PKBL, CSR & Stakeholder Relationship PT INKA (Persero) Bambang Ramadhiarto.

Wahana wisata yang diberi nama Arum Dalu itu sudah dibuka untuk umum. Lokasinya berada di kompleks gedung PT INKA bagian depan. Yakni menempati enam ruangan eks gedung direksi dan satu kereta Prototip Si Belo Kuda Troya yang diproduksi tahun 1982.

Di dalam gerbong kereta terdapat kursi-kursi penumpang yang masih otentik. Tak hanya itu, beragam produk UMKM dari para pelaku UMKM di Kota Madiun juga turut mejeng di dalam gerbong tersebut.

Tak hanya itu, manajemen juga mengatakan akan men
berkoordinasi dengan wali kota agar dikoneksikan dengan bus wisata milik pemkot setempat sebagai salah satu destinasi wisata yang harus dikunjungi.

Terkait museum, Bambang mengatakan, di dalam museum itu nantinya bakal ada fasilitas yang disediakan PT INKA. Mulai mini bioskop, touch screen tv yang isinya dikombinasikan dengan video-video tentang sejarah perkeretaapian Indonesia. Termasuk ilmu dan inovasi tentang perkeretaapian yang selama ini telah dibuat PT INKA. Selai itu juga terdapat maket atau miniatur kereta.
(dhevit/kus/madiuntoday)

Artikel Terkait

Serahkan BRS, Kepala BPS: IPM Kota Madiun Naik 0,42 Poin

Serahkan BRS, Kepala BPS: IPM Kota Madiun Naik 0,42 Poin

MADIUN – Indek Pembangunan Manusia (IPM) Kota Madiun masih cukup tinggi di Jawa Timur. IPM Kota Pendekar masih bertengger di tiga teratas. Pun, tercatat ada peningkatan 0,42 poin. IPM di angka 81,25 saat ini. Sementara IPM 2020 di angka 80,83. Hasil penghitungan...

Don`t copy text!