Tak Cuma Bazar, DKPP Juga Uji Lab Produk Olahan Ikan

Di Posting Oleh madiuntoday

22 Oktober 2021

MADIUN – Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Madiun menggelar Bazar Produk Olahan Ikan di Lapangan Gulun, 22-24 Oktober 2021. Pada kegiatan tersebut juga dilakukan pengambilan sampel untuk uji laboratorium oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur.

“Tujuannya adalah sebagai monitoring produk kelautan dan perikanan milik UMKM,” tutur Analis Mutu Hasil Perikanan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jatim Suprastiwi, Jumat (22/10).

Ada tiga parameter utama dalam uji laboratorium sebuah makanan. Yakni, parameter mikrobiologi, kimia, dan organoleptik. Setelah hasil uji laboratorium keluar, akan segera disampaikan kepada DKPP setempat.

“Uji lab ini juga menjadi bahan evaluasi bagi dinas terhadap UMKM binaannya. Terutama, tentang nilai gizi dan keamanan suatu produk olahan ikan,” imbuhnya.

Sementara itu, Kasi Pengolahan dan Pemasaran Produk Perikanan DKPP Kota Madiun Yeni Adi Widiastuti menuturkan bahwa ada 15 pelaku usaha olahan ikan yang mengikuti bazar di Lapangan Gulun.

“Bazar dibuka mulai pagi hingga malam hari,” ujarnya.

Yeni berharap, produk olahan ikan di Kota Madiun bisa semakin dikenal masyarakat. Serta, kualitasnya terjamin sesuai dengan standar mutu pangan. (Nanda/irs/madiuntoday)

Artikel Terkait

Don`t copy text!