Pengisian Kursi Sekda, Wali Kota Umumkan Tiga Besar Hasil Assesment

Di Posting Oleh madiuntoday

26 Oktober 2021

MADIUN – Posisi Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Madiun bakal segera terisi. Satu tahapan telah terlewati. Dari lima nama bakal calon yang telah lolos seleksi administrasi, penelurusan rekam jejak jabatan, integritas dan moralitas itu, mengerucut tiga nama kini. Ketiga nama itu mengemuka berdasar hasil assessment yang berlangsung beberapa waktu lalu.

‘’Kelimanya baik. Tiga nama ini berarti lebih baik lagi karena sudah berdasar penilaian tim ahli melalui assessment. Setelah ini berkas kita kirim ke gubernur dan KASN (Komisi Aparatur Sipil Negara),’’ kata Wali Kota Madiun Maidi saat press release pengumuman tiga besar calon Sekretaris Daerah Kota Madiun di Balai Kota, Selasa (26/10).

Ketiga nama itu yakni, Ahsan Sri Hasto (Assisten Administrasi Pembangunan dan Umum), Suko Dwi Handiarto (Kepala Badan Perencanaan, Penelitian, dan Pengembangan Daerah), dan Sudandi (Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah). Urutan nama yang disebutkan wali kota bukan berdasar besaran nilai. Namun, berdasar abjad nama masing-masing kandidat. Wali Kota Maidi menyebut ketiganya dinilai cocok dan mampu menjadi sekda.

‘’Saya bekerja dengan siapapun tidak masalah. Saya sendiri sekda 9 tahun. Akan saya bantu kalau menemui masalah,’’ ungkapnya.

Penentuan sekda memang hak prerogatif kepala daerah. Karenanya, penentuan ada di tangan wali kota. Kendati begitu, prosedur tetap harus dilewati. Termasuk pelaporan berkas kepada gubernur dan KASN. Selain itu, wali kota mengaku juga akan menggunakan nilai assessment serta hasil polling dewan dan OPD sebagai pertimbangan.

‘’Sekda akan sering berhubungan dengan dewan. Rapat-rapat dan sebagainya. Dengan OPD juga begitu. Karenanya saya ingin tahu bagaimana pendapat dewan dan OPD melalui polling kemarin,’’ jelasnya sembari menyebut pengisian paling lama satu bulan ke depan.

Seperti diketahui posisi Sekda Kota Madiun tengah kosong lantaran Sekda Rusdiyanto telah meninggal dunia karena Covid-19 Juli lalu. Assisten Administrasi Pembangunan dan Umum Ahsan Sri Hasto lantas merangkap sebagai Pj Sekda Kota Madiun. Seleksi terbuka mengemuka. Setidaknya, muncul lima nama yang lolos seleksi awal. Selain ketiga nama di atas, dua lainnya yaitu Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Agus Purwowidagdo serta Inspektur Pemkot Madiun Gaguk Hariyono. (ws hendro/agi/diskominfo)

Artikel Terkait

Don`t copy text!