Simulasi Penanganan Kebencanaan, Petugas Cekatan Tangani Kebakaran Hingga Penyelamatan Korban

Di Posting Oleh madiuntoday

27 Oktober 2021

MADIUN – Apel kesiapsiagaan bencana di Ngrowo Bening diwarnai aksi apik petugas. Hal itu terlihat saat simulasi penanganan kebakaran dan penyelamatan korban usai apel, Rabu (27/10). Wali Kota Madiun Maidi pun memuji aksi cekatan petugas dalam melakukan penanganan kebencanaan.

‘’Petugas dan peralatan harus siap sedia setiap waktu. Melihat simulasi tadi, baik peralatan maupun petugas kita cukup siap ya,’’ kata wali kota.

Simulasi dimulai dari adanya kebakaran gedung yang disimulasikan melalui kebakaran dalam tong. Petugas kepolisian yang datang lebih dulu langsung mengamankan Tempat Kejadian Perkara (TKP) menggunakan garis polisi. Petugas pemadam datang kemudian dan langsung berupaya memadam api. Begitu si jago merah dijinakkan, Tim Reaksi Cepat (TRC) yang berganti tampil. Kali ini disimulasikan adanya korban di lantai atas gedung yang terbakar itu. Petugas berupaya melakukan penyelamatan dengan metode vertical rescue dan langsung disambut petugas PMI dan kesehatan untuk penanganan korban.

‘’Kalau disimulasikan seperti ini sekaligus kita cek, kira-kira kurangnya apa dan harus bagaimana. Jadi saat sewaktu-waktu dibutuhkan nanti sudah tidak ada lagi kendala,’’ ujarnya.

Seperti diketahui, Apel Kesiapsiagaan Bencana dilakukan menyambut musim penghujan. Apalagi, muncul imbauan BMKG terkait potensi hujan intensitas sedang dan lebat disertai angin juga petir di wilayah Jawa Timur. Karenanya, petugas disiapkan sebagai antisipasi kejadian bencana khususnya hidrometeorologi tersebut. Mulai pengecekan saluran, sungai, hingga pohon-pohon besar. Wali Kota Maidi menyebut 70 persen pohon besar di Kota Madiun sudah dipangkas hingga menyisakan ketinggian maksimal 7 meter. (ws hendro/agi/madiuntoday)

Artikel Terkait

Don`t copy text!