Vaksinasi D1 Capai 99,14 Persen, Vaksinasi Terus Dilakukan Kendati Telah Lampaui Target

Di Posting Oleh madiuntoday

11 November 2021

MADIUN – Diberlakukannya PPKM Level 1 di Kota Madiun tak terlepas dari capaian vaksinasi yang tinggi. Hingga saat ini, vaksinasi di Kota Pendekar telah mencapai 99,14 persen untuk dosis pertama. Artinya, target sasaran sekitar 150 ribu jiwa di Kota Madiun nyaris tuntas. Kendati begitu, vaksinasi tetap berjalan biarpun sudah 100 persen.

‘’Pada prinsipnya vaksinasi terus ya. Karena sasaran juga terus ada. Misalnya, vaksinasi pelajar untuk 12 tahun ke atas. Yang masuk usia 12 tahun kan juga terus ada. Jadi misal sudah 100 persen ya terus ada vaksinasi,’’ kata Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk, dan KB Kota Madiun Denik Wuryani, Rabu (10/11).

Denik menambahkan pihaknya mulai kesulitan mencari sasaran vaksinasi karena sebagian besar sudah dilakukan vaksinasi. Karenanya, pihaknya terus mensosialisasikan jadwal-jadwal vaksinasi dengan harapan masyarakat datang secara mandiri. Selain itu, pihaknya juga bekerja sama dengan kelurahan untuk melakukan pendataan melalui RT/RW.

‘’Ada beberapa yang masih takut. Ada juga yang pilih-pilih jenis vaksin. Khususnya yang lansia ya. Karena faktor usia juga. Padahal semua vaksin aman. Ini terus kita beri pengertian agar berkenan vaksin,’’ jelasnya sembari menyebut vaksinasi lansia sudah mencapai 63 persen.

Begitu juga dengan dosis kedua. Denik menyebut vaksinasi dosis kedua juga mencapai sekitar 63 persen. Baik jenis sinovac maupun astrazeneca. Denik tak menampik sempat kesulitan jenis astrazeneca. Pihaknya sudah berkoordinasi dengan pemprov namun memang ketersediaan vaksin jenis astrazeneca sedang terbatas.

‘’Ada tetapi terbatas. Kalau sinovac ada banyak. Karena itu sementara kita gencar yang sinovac dulu sambil menunggu distribusi,’’ pungkasnya. (ws hendro/agi/madiuntoday)

.

Artikel Terkait

Gowes Empat Kelurahan, Wali Kota Senam Bersama Lansia

Gowes Empat Kelurahan, Wali Kota Senam Bersama Lansia

MADIUN - Agenda Wali Kota Madiun Maidi untuk menghadiri Senam Lansia terus berlanjut. Seperti pada kegiatan orang nomor satu di Kota Pendekar itu pada Sabtu (21/5). Diawali dengan gowes dari kediamannya di Jalan Merpati, wali kota menuju empat lapak UMKM kelurahan...