Sediakan Olahan Vegan, Rima Loestanti Kreasikan Jantung Pisang Jadi Produk Makanan Lezat

Di Posting Oleh madiuntoday

17 November 2021

MADIUN – Indonesia kaya akan hasil bumi yang dapat diolah menjadi produk makanan nikmat. Bahkan, sebagian di antaranya bisa dikreasikan sebagai pengganti daging. Salah satunya seperti jantung pisang.

Memiliki tekstur yang lembut, jantung pisang dapat diolah menjadi berbagai jenis makanan lezat. Seperti halnya yang dilakukan oleh Rima Loestanti. Sejak tiga tahun terakhir, warga Jalan Trengguli ini telah mengkreasikan jantung pisang menjadi sate, dendeng, dan keripik.

‘’Pertama kali saya membuat dendeng jantung pisang 3 tahun lalu sebelum pandemi. Itu masih tanpa bumbu. Lalu, setelah pandemi saya coba tambah membuat keripik dan dendeng berbumbu. Juga, sate vegan,’’ tuturnya saat diwawancarai, Rabu (17/11).

Menurut Rima, jantung pisang merupakan bahan mentah yang mudah ditemui. Selain itu, harganya juga murah. Hal inipun dimanfaatkannya untuk berdagang.

Meski begitu, perlu waktu hingga 1,5 tahun bagi Rima untuk menemukan formula resep yang tepat. Sehingga, masakannya bisa menjadi sajian yang lezat dan sehat.

Kini, Rima pun dapat merasakan hasil dari olahannya tersebut. Dengan memanfaatkan Instagram dan Whatsapp sebagai media dagang, pelanggan datang dari berbagai daerah. Mulai dari Surabaya, Bali, hingga Makassar.

Untuk satu tusuk sate jantung pisang Rima membanderol dengan harga Rp 2.500. Sedangkan, dendeng dijual dengan harga Rp 20 ribu per 100 gram dan keripik Rp 10 ribu per 45 gram.

‘’Harapannya, ke depan bisa meningkatkan kualitas produk. Khususnya, keripik saya membutuhkan alat peniris minyak dan vacuum sealer,’’ tandasnya. (WS Hendro/irs/madiuntoday)

.

Artikel Terkait

Serahkan BRS, Kepala BPS: IPM Kota Madiun Naik 0,42 Poin

Serahkan BRS, Kepala BPS: IPM Kota Madiun Naik 0,42 Poin

MADIUN – Indek Pembangunan Manusia (IPM) Kota Madiun masih cukup tinggi di Jawa Timur. IPM Kota Pendekar masih bertengger di tiga teratas. Pun, tercatat ada peningkatan 0,42 poin. IPM di angka 81,25 saat ini. Sementara IPM 2020 di angka 80,83. Hasil penghitungan...

Don`t copy text!