Masuki BIAS, Ribuan Anak SD/MI di Kota Madiun Dapat Suntikan DT dan Td

Di Posting Oleh madiuntoday

22 November 2021

MADIUN – Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) menjadi tanda dimulainya pemberian suntikan imun bagi anak-anak jenjang sekolah dasar. Biasanya, diadakan dua kali dalam setahun dan digelar secara serentak di seluruh daerah di Indonesia, tak terkecuali Kota Madiun.

Seperti yang terlihat di SDN Banjarejo, Senin (22/11). Sebanyak 254 siswa mendapat suntikan imun.  Merujuk pada data yang diperoleh dari website dinkes.madiunkota.go.id, pada November ini, diberikan Imunisasi berupa DT (Difteri Tetanus) pada anak kelas 1, dan pada anak kelas 2 dan 5 akan diberikan Imunisasi Td (Tetatus difteri).

Imunisasi DT sendiri, diberikan ulang pada anak sekolah kelas 1 SD. Juga,  mengingat masih dijumpai kasus Difteri pada umur lebih dari 10 tahun, Imunisasi DT dapat diberikan lagi saat anak berusia 12 tahun. Imunisasi menjadi penting, mengingat difteri merupakan penyakit infeksi bakteri yang menyerang selaput lendir pada hidung serta tenggorokan.

Sedangkan, Imunisasi Tetanus (Td) direkomendasikan untuk diberikan ulang pada anak sekolah kelas 2 dan 5 SD. Sebab imunisasi tetanus yang didapatkan ketika berusia 18-24 bulan hanya akan memberikan perlindungan hingga sampai anak berusia 6 – 7 tahun saja atau saat ia duduk di bangku kelas 2 SD.

Pemberian ulang imunisasi tetanus ini, diharapkan akan memperpanjang kekebalan tubuh anak hingga 10 tahun kedepan. Selanjutnya pada anak kelas 5 SD akan diberikan kembali , dengan harapan kekebalannya akan bertambah lama hingga 20 tahun kemudian. Tak hanya itu, melalui BIAS ini, diharapkan mampu mempertahakan tingkat kekebalan dan memperpanjang masa perlindungan dan yang lebih penting lagi dapat meningkatkan Herd immunity  (kekebalan kelompok), pada kelompok umur anak sekolah dan di Kota Madiun terutama saat masa pandemi Covid 19, dan khususnya untuk menurunkan angka kesakitan dan kematian terhadap Penyakit Dapat Dicegah Dengan Imunisasi (PD3I).
(dhevit/kus/madiuntoday)

Artikel Terkait

Tidak Ada Kasus Konfirmasi, 12 Sembuh Hari Ini

Tidak Ada Kasus Konfirmasi, 12 Sembuh Hari Ini

MADIUN - Kasus sembuh mulai mengemuka. Setidaknya ada 12 sembuh hari ini, Jumat (28/1). Sementara itu, tidak ada penambahan kasus hari ini. Kasus aktif saat ini tinggal 24 kasus. Kesembuhan hari ini datang dari kasus nomor 7293, 7286, 7281, 7280, 7291, 7292, 7298,...

Don`t copy text!