Tak Hanya Untuk Pupuk, Ternyata Cangkang Telur Juga Punya Manfaat Lainnya

Di Posting Oleh madiuntoday

22 November 2021

MADIUN – Telur jadi salah satu primadona bahan makanan, baik rumahan ataupun restoran. Nah, setelah menggunakan telur sebagai bahan makanan, jangan langsung membuang cangkangnya. Kalian bisa menghancurkan dan gunakan cangkang telur untuk membantu tanaman tumbuh subur.

Tak hanya berguna sebagai pupuk alami, cangkang telur juga mampu menyediakan nutrisi yang berharga bagi tanaman. Mengutip Home Guides SF Gate, ternyata cangkang telur memiliki beragam manfaat lain untuk tanaman tertentu. Dalam artian, tanaman-tanaman ini memperoleh manfaat dari cangkang telur, baik sebagai pupuk alami maupun pestisida. 

Pertama yakni, tanaman yang rawan diserang siput. Tomat dan marigold biasanya rentan terserang hama siput. Nah, cangkang telur adalah sarana pertahanan yang baik.

Pasalnya, lapisan cangkang telur yang dihancurkan secara kasar mengelilingi tanaman adalah penghalang mematikan bagi siput, karena tubuh lunak mereka dihancurkan oleh tepi cangkang telur yang bergerigi. Lebih dari itu, cangkang telur untuk menangani siput adalah alternatif alami untuk pestisida kimia.

Kedua, tanaman cabai, tomat, dan terong ujung bunga yang membusuk adalah masalah serius ketika menanam tomat, cabai dan terong dan dapat menghancurkan seluruh tanaman. Seringkali disebabkan oleh kekurangan kalsium, kondisi ini menyebabkan luka gelap dan busuk pada sayuran.

Lapisan cangkang telur yang sudah dihancurkan dan ditempatkan di lubang tanam untuk sayuran, merupakan cara sederhana untuk memerangi penyakit khususnya pada tanaman. Saat membusuk, cangkang telur secara alami memperkaya tanah, menyediakan sumber kalsium yang lambat dan stabil, mencegah terjadinya pembusukan ujung bunga.

Ketiga, tanaman di pot. Cangkang telur yang dihancurkan dapat digunakan untuk menutup lubang di pot tanaman sambil memberikan nutrisi pada tanah saat membusuk. Misalnya di tanaman laba-laba, pakis dan ivy. Sebelum menggunakan cangkang telur, cangkang harus dicuci bersih dari residu dan dipecah menjadi beberapa bagian yang cukup besar untuk menutupi lubang secara menyeluruh.

Terakhir yakni tanaman yang kekurangan air dan belum tumbuh. Hal tersebut karena, kalsium, yang ditemukan dalam cangkang telur, sangat penting untuk semua bentuk kehidupan tanaman dan merupakan pengatur pertumbuhan dan perkembangan yang penting.

Untuk tambahan nutrisi ini, masukkan bubuk yang terbuat dari cangkang telur yang dihancurkan halus ke dalam kaleng penyiram dan isi. Setelah didiamkan dan diserap selama beberapa hari, gunakan zat tersebut untuk menyiram tanaman, seperti sayuran, dan itu akan bertindak sebagai pupuk alami.
(dhevit/kus/madiuntoday)

Artikel Terkait

Serahkan BRS, Kepala BPS: IPM Kota Madiun Naik 0,42 Poin

Serahkan BRS, Kepala BPS: IPM Kota Madiun Naik 0,42 Poin

MADIUN – Indek Pembangunan Manusia (IPM) Kota Madiun masih cukup tinggi di Jawa Timur. IPM Kota Pendekar masih bertengger di tiga teratas. Pun, tercatat ada peningkatan 0,42 poin. IPM di angka 81,25 saat ini. Sementara IPM 2020 di angka 80,83. Hasil penghitungan...

Don`t copy text!