Kaya Manfaat dan Punya Nilai Ekonomis, Wali Kota Ajak Masyarakat Tanam Kunyit Hitam

Di Posting Oleh madiuntoday

24 November 2021

MADIUN – Varietas di Edupark Ngrowo Bening semakin beragam kini. Wali Kota Madiun Maidi, Ketua TP PKK Kota Madiun Yuni Setyawati Maidi, dan Wakil Wali Kota Madiun Inda Raya Ayu Miko Saputri bersama sejumlah anggota PKK menanam kunyit hitam, Rabu (24/11). Bukan tanpa sebab. Kunyit hitam kaya akan manfaat dan juga memiliki nilai ekonomi yang tinggi.

‘’Musim penghujan ini, ibu-ibu kita berdayakan dengan menanam kunyit hitam. Kita sudah ada lima ribu bibit yang nanti kita babarkan (budidayakan) di Ngrowo. Kalau sudah banyak, kita bagikan kepada PKK di tingkat kelurahan,’’ kata wali kota.

Wali kota menargetkan ada sebanyak 20 ribu bibit kunyit hitam dalam beberapa bulan ke depan. Bibit akan dibagikan kepada warga melalui PKK. Wali kota berharap warga yang memiliki pekarangan di rumah sebagian untuk ditanami kunyit hitam. Soal pemasaran, masyarakat tidak perlu khawatir. Wali kota mengaku sudah ada produsen yang siap menampung.

‘’Kalau pemasarannya belum jelas, tentu saya tidak berani. Tidak usah khawatir, kalau memang waktunya panen, sudah ada yang siap mengambil,’’ jelasnya.

Selain itu, kunyit hitam mudah untuk ditanam. Pun, tidak memerlukan tempat yang luas. Juga bisa ditanaman dalam polybag maupun pot. Selain itu, kunyit bisa dikonsumsi sendiri. Seperti diketahui, kunyit hitam memiliki banyak khasiat. Seperti, nyeri perut, menambah nafsu makan, menambah stamina dan juga bisa sebagai obat batuk.

‘’Kota ini harus kaya akan hal-hal yang bermanfaat. Sebelumnya, kita juga sudah menanam jahe merah. Di sini juga madu. Masyarakat harus bisa memaksimalkan lahan maupun pekarangan yang kecil untuk tanaman-tanaman kaya manfaat. Kota ini memang kita konsep kota berwawasan lingkungan,’’ pungkasnya. (dhevit/agi/madiuntoday)

Artikel Terkait

Don`t copy text!