Pantau Debit Kali Bantaran, Wali Kota Peringatkan Warga untuk Waspada

Di Posting Oleh madiuntoday

24 November 2021

MADIUN – Intensitas hujan mulai tinggi belakangan ini. Tak ayal, jika debit air di Kali Bantaran juga mulai meninggi. Wali Kota Madiun Maidi merespon cepat dengan menggalakkan imbauan dan peringatan kepada warga. Hal itu dilakukan usai meninjau kondisi Kali Bantaran sambil bersepeda, Rabu (24/11).

‘’Setelah kita pantau, ternyata air memang mulai naik. (petugas) Soundsystem saya minta keliling untuk memberikan peringatan dan imbauan,’’ kata wali kota.

Langkah cepat, kata wali kota, penting sebagai tindakan antisipasi. Wali kota tak berharap muncul kejadian baru bereaksi. Hal itu penting mengingat banyak warga yang masih beraktifitas di Kali Bantaran. Entah itu memancing atau sekedar bermain. Wali kota berharap warga makin waspada dengan imbauan yang diberikan petugas.

‘’Jangan sampai seperti di Kali Catur beberapa waktu lalu. Ada pemancing yang tenggelam karena tidak menyadari debit air naik,’’ jelasnya.

Wali kota juga meninjau wilayah timur kota. Namun, diakuinya belum terjadi peningkatan debit air. Karenanya dimungkinkan air kiriman baru dari wilayah selatan dan barat. Biarpun begitu, wali kota berpesan agar tetapp waspada. Khususnya daerah yang rawan banjir. Wilayah timur memang termasuk rawan terutama di sepanjang sungai Kali Piring. Penanganan memang sudah dilakukan. Mulai perbaikan plengsengan hingga pembersihan sampah dan pengerukan sedimen.

‘’Tetapi intensitas hujan seberapa besar kita tidak tahu. Apalagi, saat ini belum puncaknya. Menurut perkiraan pada Desember sampai awal tahun depan nanti. Intensitas lebih tinggi karena dipengaruhi fenomena la nina. Jadi tetap harus waspada,’’ pungkasnya. (dhevit/agi/madiuntoday)

Artikel Terkait

Don`t copy text!