Penyederhanaan Birokrasi, Pemkot Madiun Fungsionalkan 166 Pegawai Eselon IV

Di Posting Oleh madiuntoday

24 November 2021

MADIUN- Kinerja aparatur di Pemkot Madiun bakal semakin efektif dan produktif. Seiring rencana pemkot setempat menyederhanakan birokrasi dengan menyasar para pegawai di eselon IV. Dari sekitar 400 aparatur, sebanyak 166 personel akan dilantik ke jabatan fungsional.

“Birokrasi itu menjalankan aturan yang ada. Kalau ada aturan penyederhanaan birokrasi, ya harus kita sederhanakan,” ujar Wali Kota Madiun Maidi, Rabu (24/11).

Sebanyak 166 pegawai eselon IV yang masuk gerbong penyederhanaan berasal dari berbagai OPD. Kecuali kecamatan, kelurahan, dan RSUD. “Kami pastikan dari sisi kesejahteraan tidak ada pengurangan,” sebutnya.

Wali Kota Maidi menilai para pegawai eselon IV yang masuk gerbong penyetaraan perlu bersyukur. Pasalnya, mereka tidak perlu mengikuti uji kompetensi untuk bisa menduduki jabatan fungsional. “Jadi selain bermanfaat positif untuk organisasi, kebijakan ini juga baik untuk pengembangan karier pegawai,” terang walikota.

Benefit lainnya, lanjut mantan sekretaris daerah itu, kenaikan pangkat menjadi lebih cepat. Umumnya pegawai struktural butuh waktu setidaknya empat tahun. Sedangkan pegawai fungsional bisa naik pangkat hanya dalam waktu dua hingga tiga tahun.

“Kalau rajin, pasti cepat naik pangkat,” jelasnya sembari menyebut pihaknya akan mengevaluasi rencana ini sebelum menggelar pelantikan.
(ws hendro/kus/madiuntoday)

Spoiler title

Artikel Terkait

Don`t copy text!