Vaksinasi Dosis 1 Tembus 100 Persen, Layanan Vaksinasi Terus Berjalan

Di Posting Oleh madiuntoday

25 November 2021

MADIUN – Capaian vaksinasi Covid-19 di Kota Madiun akhirnya tembus 100 persen. Artinya, vaksinasi sudah melebihi target yang ditentukan. Yakni, sekitar 154.972 jiwa. Kendati begitu, vaksinasi tetap berjalan biarpun sudah 100 persen.

‘’Alhamdulillah, sudah 100,33 persen untuk dosis 1. Tetapi vaksinasi terus kita lakukan,’’ kata Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk, dan KB Kota Madiun dr Denik Wuryani, Kamis (25/11).

Sebab, masyarakat yang belum divaksinasi masih terus ada. Misalnya, kategori pelajar usia 12 tahun ke atas. Pelajar yang belum berusia 12 tahun tentu masih banyak. Belum masyarakat yang terlewat dari data sasaran. Belum lagi, warga usia lansia yang masih belum dilakukan vaksinasi. Denik menyebut ada beberapa faktor. Mulai kondisi kesehatan di saat vaksinasi yang belum memungkinkan atau masih ada keraguan. Karena itu, pihaknya harus melakukan penjadwalan ulang hingga membujuk agar bersedia. Karenanya, vaksinasi terus dilakukan kendati sudah 100 persen.

‘’Jadi sebenarnya bukan tentang sudah 100 persen atau belum. Tetapi lebih kepada pembentukan herd immunity. Jadi yang penting masyarakat tervaksinasi secepatnya sebanyak-banyaknya,’’ jelasnya.

Apalagi, untuk dosis dua juga masih belum tuntas. Vaksinasi dosis 2 mencapai 77,78 persen. Pun, vaksinasi lansia juga masih belum tuntas. Vaksinasi lansia masih di angka 71,50 persen untuk dosis 1 dan 50,77 persen untuk dosis 2. Denik menambahkan pihaknya mulai kesulitan mencari sasaran vaksinasi karena sebagian besar sudah dilakukan vaksinasi. Karenanya, pihaknya terus mensosialisasikan jadwal-jadwal vaksinasi dengan harapan masyarakat datang secara mandiri. Selain itu, pihaknya juga bekerja sama dengan kelurahan untuk melakukan pendataan melalui RT/RW.

‘’Vaksinasi ini penting sebagai salah satu upaya pengendalian virus ini. Selain itu, juga untuk menekan dampak yang ditimbulkan,’’ pungkasnya. (dhevit/agi/madiuntoday)

Artikel Terkait

Don`t copy text!