Amankah Berkendara dengan Anak di Bawah Umur?

Di Posting Oleh madiuntoday

6 Desember 2021

MADIUN – Orang tua mengendarai motor dengan membonceng anaknya tanpa menggunakan helm ataupun pelindung lainnya sepertinya sudah menjadi pemandangan yang tak asing di jalan raya saban harinya.

Nyatanya, ada aturan-aturan soal kapasitas muatan sepeda motor serta bagaimana cara berkendara dengan aman dan tanpa melanggar aturan. Kanitdikyasa Satlantas Polres Madiun Iptu Kota Sri Untari menjelaskan beberapa aturan terkait fenomena yang sering terjadi itu.

Menurutnya, gambaran berkendara seperti ilustrasi foto di atas termasuk dalam contoh berkendara yang salah. Berkendara, kata dia, harus mematuhi aturan yang sudah dibuat, pun dengan anak kecil.

“Saat berkendara, anak kecil pun diwajibkan menggunakan helm ber SNI dan harus diklik pengait helmnya,” jelasnya.

Lebih lanjut Tari, sapaan akrabnya mengatakan, posisi saat berkendara naik kendaraan bermotor jika dalam kondisi membonceng anak, si anak harus menghadap jalan. Jangan menghadap belakang ataupun digendong samping kiri dan kanan.

“Aturannya sudah jelas sesuai  UU No.22 tahun 2009
Pasal 291,” tegasnya.

Undang-undang tersebur berbunyi, orang yang mengemudikan sepeda motor yang membiarkan penumpangnya tidak mengenakan helm sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 ayat (8) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 1 (satu) bulan atau denda paling banyak Rp250.000,00 (dua ratus lima puluh ribu rupiah).

“Jika anda berkendara siapkan tiga hal ini. Yaitu, siap diri, siap kendaraan, dan siap dengan peraturan lalu lintas. Etika atau sopan santun dalam berkendara juga harus diutamakan,” lanjutnya.

Di musim penghujan ini, dirinya juga mengimbau kepada pengendara motor agar menggunakan jas hujan dengan jenis celana karena dinilai lebih aman dibandingkan jas hujan berjenis kelelawar yang bisa menyebabkan tersangkut.
(WS Hendro/kus/madiuntoday)

Spoiler title

Artikel Terkait

Tidak Ada Kasus Konfirmasi, 12 Sembuh Hari Ini

Tidak Ada Kasus Konfirmasi, 12 Sembuh Hari Ini

MADIUN - Kasus sembuh mulai mengemuka. Setidaknya ada 12 sembuh hari ini, Jumat (28/1). Sementara itu, tidak ada penambahan kasus hari ini. Kasus aktif saat ini tinggal 24 kasus. Kesembuhan hari ini datang dari kasus nomor 7293, 7286, 7281, 7280, 7291, 7292, 7298,...

Don`t copy text!