Peringati Puncak Hakordia, Presiden Tekankan Pentingnya Peningkatan Metode Pemberantasan Korupsi

Di Posting Oleh madiuntoday

9 Desember 2021

MADIUN – Wali Kota Madiun Maidi menghadiri puncak peringatan Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia) yang dilaksanakan oleh KPK RI secara virtual, Kamis (9/12). Melalui tayangan virtual di balai kota, orang nomor satu di Kota Pendekar ini turut menyimak sambutan Presiden Joko Widodo dalam pembukaan Hakordia dan penutupan oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin.

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi menekankan pentingnya inovasi untuk meningkatkan dan menyempurnakan metode pemberantasan Korupsi di Indonesia. “Penindakan jangan hanya menyasar peristiwa hukum yang membuat heboh di permukaan saja, tapi harus menjadi upaya fundamental dan komprehensif yang dapat dirasakan langsung manfaatnya oleh masyarakat,” tuturnya.

Lebih lanjut, Presiden menjabarkan penanganan kasus korupsi oleh penegak hukum selama periode Januari hingga November 2021. Antara lain, Polri yang melakukan penyidikan pada 1.032 perkara korupsi. Begitu pula kejaksaan yang melakukan penyidikan terhadap 1.486 perkara korupsi. Serta, ribuan kasus lainnya yang ditangani oleh KPK. Beberapa kasus besar di antaranya korupsi Jiwasraya, Asabri, hingga BLBI. Harta sitaan negara pada kasus-kasus tersebut mencapai ratusan triliun.

Meski begitu, Presiden mengimbau agar seluruh aparat penegak hukum tidak lantas merasa puas. Sebab, penilaian masyarakat masih belum baik. Untuk itu, upaya penanganan kasus korupsi harus terus ditingkatkan.

Sementara itu, Wapres Ma’ruf Amin mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersatu membangun budaya antikorupsi demi peradaban bangsa Indonesia.

“Saya mengajak seluruh elemen bangsa untuk secara nyata bersatu padu bangun budaya antikorupsi dalam kehidupan sehari-hari, guna membangun peradaban dan akhlak baru yang bersih dari semua bentuk korupsi,” pungkasnya. (Dhevit/irs/diskominfo)

Artikel Terkait

Tidak Ada Kasus Konfirmasi, 12 Sembuh Hari Ini

Tidak Ada Kasus Konfirmasi, 12 Sembuh Hari Ini

MADIUN - Kasus sembuh mulai mengemuka. Setidaknya ada 12 sembuh hari ini, Jumat (28/1). Sementara itu, tidak ada penambahan kasus hari ini. Kasus aktif saat ini tinggal 24 kasus. Kesembuhan hari ini datang dari kasus nomor 7293, 7286, 7281, 7280, 7291, 7292, 7298,...

Don`t copy text!