Serahkan BRS, Kepala BPS: IPM Kota Madiun Naik 0,42 Poin

Di Posting Oleh madiuntoday

9 Desember 2021

MADIUN – Indek Pembangunan Manusia (IPM) Kota Madiun masih cukup tinggi di Jawa Timur. IPM Kota Pendekar masih bertengger di tiga teratas. Pun, tercatat ada peningkatan 0,42 poin. IPM di angka 81,25 saat ini. Sementara IPM 2020 di angka 80,83. Hasil penghitungan sejumlah data statistik 2021 tersebut disampaikan secara resmi kepada Wali Kota Madiun Maidi, Kamis (9/12).

Kepala BPS Kota Madiun Dwi Yuhenny menuturkan Berita Resmi Statistik (BRS) 2021 untuk Kota Madiun sejatinya sudah dirilis kepada publik beberapa waktu lalu. Namun, tentu pihaknya juga perlu menyampaikan hasil tertulis kepada wali kota. Selain IPM, dia juga menyerahkan data terkait kemiskinan, tingkat pengangguran terbuka, dan juga inflasi.

‘’Untuk kemiskinan juga masih di peringkat tiga terendah di Jawa Timur. Garis kemiskinan Kota Madiun juga meningkat bahkan tertinggi di eks karisidenan. Artinya, kalau di Kota Madiun masuk kategori miskin, di daerah sekitar sudah termasuk yang bukan miskin,’’ ungkapnya.

Namun, Dwi tak menampik ada peningkatan dari segi jumlah warga miskin. Namun, dengan garis kemiskinan yang tinggi, kesejahteraan di Kota Madiun juga tinggi. Dwi menambahkan tingkat pengangguran terbuka juga tercatat mengalami penurunan. Dari 8,3 pada 2020, kini tinggal 8,15 tahun ini. Artinya, upaya pemerintah menekan pengangguran dan peningkatan kesejahteraan masyarakat cukup membuahkan hasil.

‘’Ini bisa menjadi bahan pertimbangan bapak wali kota dalam pengambilan kebijakan ke depan,’’ pungkasnya. (dhevit/agi/diskominfo)

Artikel Terkait

Don`t copy text!