Terbukti Ampuh, Madiun Kota Pintar Diganjar Penghargaan Smart City Dimensi Smart Society

Di Posting Oleh madiuntoday

14 Desember 2021

JAKARTA – Program Smart City Kota Madiun di bidang kesejahteraan masyarakat terbukti baik. Hal itu, dibuktikan dengan diraihnya penghargaan Gerakan Menuju Smart City untuk dimensi smart society. Kota Madiun meraih penghargaan itu di Jakarta, Selasa (14/12). Wali Kota Madiun Maidi menerima penghargaan yang diberikan Direktur Utama Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (Bakti) Kementerian Kominfo Anang Achmad Latif.

Fasilitas laptop kepada siswa dan guru menjadi salah satu program smart society yang menarik perhatian pemerintah pusat dalam program smart city ini. Seperti diketahui, Pemkot Madiun sudah melaksanakan program laptop gratis sejak 2020 lalu. Setidaknya, ada sebanyak 5.425 unit laptop. Program kembali bergulir di 2021 ini dengan sebanyak 4.880 unit. Laptop ini terbukti program yang relevan dengan kondisi pandemi Covid-19 sekaligus selaras dengan program Merdeka Belajar Kementerian Pendidikan.

‘’Program di smart society memang banyak. Tetapi laptop gratis, wifi gratis, pembelajaran daring outdoor learning ini cukup menarik perhatian,’’ kata wali kota.

Masih di bidang pendidikan, Pemerintah Kota Madiun juga memberikan seragam gratis beserta ongkos jahitnya setiap tahun ajaran baru. Seragam dan ongkos jahit ini diberikan kepada peserta didik baru tingkat SD dan SMP. Sedang untuk mahasiswa, Pemkot Madiun memberikan bantuan beasiswa. Nilai Rp 9 juta setiap tahun sampai lulus. Konsep outdoor learning yang dijalankan saat pandemi juga menjadi daya tarik tersendiri. Program-program ini masuk dalam Panca Karya yakni Madiun Kota Pintar yang dituangkan dalam 33 program unggulan wali kota.

Selain itu, program internet gratis berupa wifi juga dinilai inovasi cerdas untuk membantu masyarakat. Bagaimana tidak, ada 1.800 lebih titik wifi di Kota Madiun hingga tingkat RT. Program tersebut terbukti membantu masyarakat dalam berbagai hal. Mulai pembelajaran daring, penjualan online pelaku UMKM, dan lain sebagainya. Lagi-lagi, program dinilai tepat dalam era pandemi seperti sekarang ini.

‘’Kita tidak pernah tahu akan ada pandemi seperti sekarang ini. Tetapi Pemerintah Kota Madiun sudah melangkah lebih dulu dengan program-program yang kebetulan dibutuhkan begitu pandemi datang,’’ ungkapnya.

Wali kota tak lupa mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak termasuk masyarakat yang mendukukung untuk kemajuan kota. Namun, tentu harus ditingkatkan. Wali kota menyebut masih banyak dimensi dalam smart city. Selain smart society, masih ada smart governance, branding, smart economy, smart living, dan smart environment. Karenanya, wali kota mengimbau untuk tidak cepat puas dulu.

‘’Masih ada banyak dimensi smart city yang lain. Ini harus menjadi harapan sekaligus tantangan ke depan,’’ pungkasnya. (ws hendro/agi/madiuntoday)

Artikel Terkait

Usia Dewasa Juga Sudah Bisa Vaksin Booster, Cermati Dulu Persyaratnya

Usia Dewasa Juga Sudah Bisa Vaksin Booster, Cermati Dulu Persyaratnya

MADIUN – Vaksinasi booster terus dimaksimalkan di Kota Madiun. Sasarannya juga bertambah. Vaksinasi dosis 3 tersebut sudah bisa untuk dewasa mulai 18 tahun ke atas sebagai sasaran tambahan. Namun, terdapat sejumlah syarat tertentu salah satunya wajib sudah mendapatkan...

Don`t copy text!