Vaksinasi Covid-19 D1 Capai 102,17 Persen, Pemkot Kejar Vaksinasi Usia 6 Tahun ke Atas

Di Posting Oleh madiuntoday

16 Desember 2021

MADIUN – Vaksinasi Covid-19 untuk dosis 1 sudah melampaui target di Kota Madiun. Vaksinasi sudah mencapai 158.336 jiwa atau 102,17 persen hingga, Kamis (16/12). Sementara target di Kota Madiun sebanyak 154.972 jiwa. Biarpun begitu, vaksinasi terus bergulir. Apalagi, terdapat tambahan 15.657 sasaran usia 6-11 tahun. Karenanya, vaksinasi akan kembali digalakkan di Kota Pendekar.

.

‘’Untuk target awal kita sudah 102 persen lebih. Tetapi mulai 14 Desember kemarin kita sudah diperbolehkan untuk melakukan vaksinasi usia 6 tahun ke atas. Kita mendapat tambahan 15 ribu lebih,’’ kata Kepala Seksi Pengelolaan Pelayanan Penyakit Menular dan Tidak Menular Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk, dan KB Kota Madiun Tri Wahyuning Novitasari, Kamis (16/12).

Tak heran, pihaknya kini tengah mengejar vaksinasi untuk usia 6 tahun ke atas tersebut. Vaksinasi massal di sekolah mulai dijadwalkan. Vaksinasi dijadwalkan Senin dan Selasa depan. Untuk tahap pertama nanti ini ada sebanyak 2.753 sasaran. Itu terdiri dari 15 sekolah. Pelaksanaannya dipusatkan di empat sekolah. Yakni, SDN Banjarejo, SDN 02 Mojorejo, SDN 02 Nambangan Lor, dan SDN 01 Nambangan Kidul.

‘’Kita juga membuka layanan sentra vaksinasi di Sumber Umis. Puskesmas dan rumah sakit juga terus melayani vaksinasi. Jadi tidak harus menunggu jadwal di sekolah. Yang mau vaksin sekarang bisa di sentra, puskesmas atau rumah sakit,’’ jelasnya.

Vita –sapaannya- menyebut baru ada sebanyak 700 anak yang sudah dilakukan vaksinasi. Maklum, vaksinasi untuk anak usia di atas 6 tahun itu baru dibuka dua hari yang lalu. Sementara itu, juga terdapat giat Bulan Imunisasi Siswa Sekolah (BIAS) dalam waktu ini. Sesuai aturan, vaksinasi baru dapat diberikan minimal 1 bulan setelah mendapatkan imunasi tersebut.

‘’Kenapa baru 15 sekolah dulu, karena kebetulan saat ini bersamaan dengan BIAS. Nah, pelajar yang dari 15 sekolah ini sudah dilakukan imunisasi sekitar sebulan yang lalu,’’ terangnya.

Pihaknya bakal melakukan penjadwalan kembali bagi peserta didik yang sudah siap dilakukan vaksinasi. Selain itu, pihaknya juga bekerja sama dengan Kementerian Agama wilayah Kota Madiun untuk vaksinasi siswa didik di bawah naungan Kemenag.

‘’Prinsipnya yang sudah siap dilakukan vaksinasi langsung kita berikan. Sisanya, akan kita jadwalkan selanjutnya,’’ pungkas vita. (ws hendro/vincent/agi/madiuntoday)

Artikel Terkait

Don`t copy text!