Bermain di Luar Rumah Kala Musim Penghujan Ternyata Ada Manfaatnya Lho

Di Posting Oleh madiuntoday

21 Desember 2021

MADIUN – Saat hujan turun sudah jadi pemandangan yang tak asing lagi jika melihat anak-anak bermain di bawah hujan. Hampir semua anak-anak suka bermain hujan-hujanan. Meski demikian, masih banyak juga orangtua yang justru melarang buah hatinya untuk melakukan hal tersebut.

Biasanya, alasan utama orangtua tidak mengizinkan anaknya bermain hujan adalah karena tidak ingin sang anak jatuh sakit, seperti demam, masuk angin, sakit kepala, flu atau diare. Namun, apakah benar jika anak mandi hujan akan sakit?

Ternyata, bukan air hujan yang membuat si kecil sakit. Anak bisa sakit setelah bermain hujan karena sistem kekebalan tubuh (imun) yang lemah. Jadi, mandi hujan sebenarnya bukan menjadi masalah bagi anak, asalkan mereka berada di dalam kondisi tubuh yang fit.

Ada beberapa manfaat jika anak main hujan-hujanan lho. Seperti misalnya, merangsang kreativitas dan imajinasi anak. Di bawah rintik hujan, anak biasanya akan melakukan hal-hal yang menyenangkan dan membuatnya berpikir kreatif. Misalnya, anak akan bermain perahu kertas di genangan air hujan, bermain bola, menyiram tanaman dengan air hujan, menari dan bernyanyi, dan sebagainya. Ini semua adalah aktivitas yang dapat merangsang daya kreativitas anak.

Kedua, bermain hujan di luar rumah bisa mengasah kemampuan fisik dan motorik anak. Saat anak mandi hujan, mereka secara otomatis juga akan menggerakan anggota tubuhnya. Anak akan melompat-lompat, berlari, menadah hujan dengan tangan, mencipratkan air, melihat ke arah sumber hujan, bahkan merasakan perubahan dari suasana panas ke dingin.

Beragam aktivitas seperti yang dijabarkan di atas sapat mengasah kemampuan fisik dan menstimulasi daya motorik anak secara optimal, terutama merangsang kulit anak yang bisa langsung merasakan percikan air hujan.

Meski begitu, sebagai orangtua harus tetap waspada. Pasalnya, air hujan yang jatuh ke tanah dapat membawa virus atau bakteri naik ke udara. Tak hanya itu, air hujan juga bisa tercampur dengan berbagai kotoran dan kuman karena terkena polusi udara. Hal-hal seperti ini bisa saja membuat anak menjadi sakit, apalagi jika daya tahan tubuhnya buruk. Maka dari itu sebagai orang tua juga harus bisa memastikan dimana tempat aman anak-anak bermain saat hujan ya.
(ws hendro/kus/madiuntoday)

.

Artikel Terkait

Don`t copy text!