61 Lansia Dapat Vaksin Dosis 3 di Hari Pertama

Di Posting Oleh madiuntoday

13 Januari 2022

MADIUN – Pelaksanaan vaksin booster di Kota Madiun cukup diminati masyarakat. Setidaknya, ada 61 lansia yang dilakukan vaksinasi dosis ketiga tersebut di hari pertama pelaksanaan. Vaksinasi booster sementara memang hanya dibuka untuk lansia.

‘’Vaksin booster jalan. Lansia yang memenuhi persyaratan segera saja. Segera divaksin, segera punya kekebalan yang maksimal,’’ kata Wali Kota Madiun Maidi, Kamis (13/1).

Wali Kota Maidi juga sudah mendapatkan vaksin booster tersebut beberapa waktu lalu. Orang nomor satu di Kota Pendekar itu mengingatkan pentingnya vaksin bagi lansia. Apalagi dengan munculnya varian baru. Lansia diprioritaskan lantaran termasuk golongan rentan. Dampak yang ditimbulkan lebig fatal saat terpapar Covid-19. Karenanya, pemerintah pusat menginstruksikan untuk mendahulukan lansia.

‘’Prinsipnya kita terus dekatkan vaksinasi kepada masyarakat. Vaksinasi tidak sulit di Kota Madiun,’’ jelasnya.

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk, dan KB Kota Madiun dr Denik Wuryani menyebut ada sebanyak 61 lansia yang sudah dilakukan vaksin dosis 3 hari ini. Namun, baru 21 di antaranya yang tercatat di aplikasi KPCPEN. Hal itu biasanya karena penarikan laporan dalam sistem.

‘’Secara manual sudah 61 orang, tetapi memang di aplikasi baru 21 orang. Memang belum banyak karena sasarannya juga baru lansia,’’ jelasnya

Apalagi, ada kriteria tertentu karena keterbatasan jenis vaksin. Vaksinasi booster sementara baru untuk lansia 60 tahun ke atas dan yang dulu mendapatkan vaksin jenis sinovac. Selain itu, jarak diperbolehkannya vaksin booster minimal enam bulan dari vaksin dosis kedua. Artinya, yang bisa diberikan vaksinasi booster adalah mereka yang mendapatkan vaksin dosis kedua sebelum Juni 2021 lalu.

‘’Sebenarnya sudah bisa untuk masyarakat usia 18 tahun ke atas peserta PBJS Kesehatan yang dibiayai pemerintah atau Peserta Bantuan Iuran (PBI) asal punya tiket vaksin booster. Tiket ini bisa dilihat di aplikasi Peduli Lindungi,’’ pungkasnya. (nanda/agi/madiuntoday)

Artikel Terkait

Tidak Ada Kasus Konfirmasi, 12 Sembuh Hari Ini

Tidak Ada Kasus Konfirmasi, 12 Sembuh Hari Ini

MADIUN - Kasus sembuh mulai mengemuka. Setidaknya ada 12 sembuh hari ini, Jumat (28/1). Sementara itu, tidak ada penambahan kasus hari ini. Kasus aktif saat ini tinggal 24 kasus. Kesembuhan hari ini datang dari kasus nomor 7293, 7286, 7281, 7280, 7291, 7292, 7298,...

Don`t copy text!