Mengenal Teras Balikul di Bantaran, Lapak UMKM Baru Kelurahan Pangongangan

Di Posting Oleh madiuntoday

27 Januari 2022

MADIUN – Satu lagi tempat peningkatan perekonomian lokal hadir di Kota Madiun. Kali ini ada di wilayah Kelurahan Pangongangan. Wali Kota Madiun Maidi meresmikan Teras Balikul (Bantaran Kali Kuliner) Lapak UMKM kelurahan setempat, Kamis (27/1). Sesuai namanya lapak tersebut berada di dalam kawasan Taman Lalu Lintas Bantaran Kali Madiun. Peresmian dilakukan bersamaan wali kota bersamaan giat gowes peninjauan lokasi usulan Musrenbang tingkat kelurahan yang telah berlangsung beberapa waktu lalu. Selain penandatangan prasasti, peresmian ditandai dengan pelepasan burung merpati.

‘’Jadi ini bisa dibilang Lapak UMKM kedua untuk Kelurahan Pangongangan. Satunya, ada di Sonokeling Pasar Pancasila,’’ kata Lurah Pangongangan Eva Anjarika Rahmawati, Kamis (27/1).

Seperti diketahui, anggaran Lapak UMKM kelurahan Pangongangan semula terbagi untuk dua kegiatan. Yakni, pembangunan di Sonokeling Pasar Pancasila dan pembangunan greenhouse di Bantaran Kali Madiun. Nah dalam perjalanannya, keberadaan lapak di Bantaran ditambah sejumlah gerobak untuk pedagang. Saat ini, ditambah kembali di areal musala Bantaran.

‘’Pembangunannya memang di APBD perubahan 2021 kemarin. Anggarannya, Rp 250 juta sudah dengan rehab Lapak UMKM di Sonokeling,’’ jelasnya.

Penampilan Teras Balikul juga menarik seperti lapak lainnya. Keberadaan lapak didukung dengan fasilitas yang sudah ada sebelumnya. Seperti fasilitas permainan anak, kamar mandi, musala, dan lain sebagainya. Seperti diketahui, area Taman Lalu Lintas memang sudah banyak fasilitas sebelumnya. Masyarakat bisa berolahraga atau sekedar bermain dengan banyak pilihan kuliner. Eva menyebut pihaknya juga menambahkan area foto selfie dengan view sungai.

‘’Area juga dekat dengan kolam pemancingan. Jadi kalau suaminya mancing, istrinya bisa menunggu di lapak,’’ ungkapnya sembari menyebut sebagian pedagang juga buka malam hari.

Eva menyebut pihaknya diuntungkan lantaran Taman Bantaran sudah cukup dikenal dan nyaris selalu ramai pengunjung. Bahkan, untuk akhir pekan terdapat Sunday Market. Tak heran, penghasilan pedagang cukup tinggi di akhir pekan.

‘’Informasi dari pedagang kalau haru minggu penghasilan bisa mencapai Rp 500 – Rp 1 juta satu pedagang hanya dalam sehari itu,’’ pungkasnya. (dhevit/agi/madiuntoday)

Artikel Terkait