Tinjau Pembangunan Sumber Umis Barat, Wali Kota: Kawasan Ini Jadi Wisata Manasik Haji dan Umrah

Di Posting Oleh madiuntoday

7 April 2022

MADIUN – Pembangunan lanjutan kawasan Sumber Umis bagian barat terus berjalan. Selain pembangunan miniatur menara Eifel, plengsengan sungai di lokasi tersebut juga tengah dilakukan perbaikan. Perbaikan sungai tersebut dilakukan sampai titik Jalan Pandan. Wali Kota Madiun, Maidi meninjau lokasi di sela kegiatan di Kelurahan Pangongangan, Kamis (7/4).

‘’Sumber Umis on progres ya. Kita perbaiki semua sampai ke Jalan Pandan,’’ kata wali kota.

Pembangunan kawasan wisata Sumber Umis memang belum usai. Khususnya di bagian barat. Mulai lokasi Musala Ka’bah sampai ke Jalan Pandan. Kawasan tersebut akan menjadi lokasi wisata 4M. Yakni, Mekkah, Madinah, Mina, dan Madiun. Sejumlah ikon dari sejumlah kota tersebut akan dihadirkan. Pemerintah Kota Madiun masih akan menambahkan menara air zam-zam, tempat lempat jumrah, dan lainnya. Lokasi tersebut memang akan menjadi wisata manasik haji dan umrah ke depannya.

‘’Jadi nanti yang mau manasik bisa di Kota Madiun. Di mulai dari Ka’bah, ke barat tembus ke Jalan Pandan dan kembali ke parkiran di Jalan Jawa. Trotoar sepanjang lokasi manasik akan kita perbaiki semua,’’ jelasnya.

Pekerjaan di Sumber Umis bagian barat untuk 2022 ini memang baru dimulai. Artinya, progres pekerjaan belum signifikan. Namun, Wali Kota Maidi menegaskan pekerjaan akan selesai tahun ini. Wisata manasik itu akan bisa dimulai tahun ini. Pun, sudah pernah dilakukan uji coba dari salah satu biro perjalanan haji dan umrah bekerja sama dengan media televise lokal. Ke depan, paket wisata manasik itu akan lebih disempurnakan lagi.

‘’Artinya, juga kita hadirkan wisata religi di kota kita. Nanti mungkin bisa ditambahkan paket religi ke masjid kuno Kuncen dan Taman menggunakan bus wisata kita,’’ pungkasnya. (dhevit/agi/madiuntoday)

Artikel Terkait