Wali Kota Sinergikan OPD Untuk Cegah Kanker Sejak Dini

Di Posting Oleh madiuntoday

7 April 2022

MADIUN – Pencegahan kanker perlu dilakukan sejak dini. Hal inipun tak dapat dilakukan sendirian. Namun, dibutuhkan koordinasi dan sinergi berbagai pihak agar dapat memberikan hasil yang optimal.

Hal ini disampaikan oleh Wali Kota Madiun Maidi saat menghadiri sosialisasi bahaya kanker dan Rapat Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Cabang Kota Madiun di Rumah Dinas Wali Kota, Jalan Pahlawan, Kamis (7/4).

“Tidak hanya Dinas Kesehatan, nanti Dinas Pendidikan juga akan sosialisasi pencegahan kanker sejak dini ke sekolah-sekolah,” tuturnya.

Menurut wali kota, hal ini perlu dilakukan agar masyarakat, terutama anak-anak, bisa memahami dan melakukan tindakan yang menjauhkan diri dari potensi kanker.

Sementara itu, Ketua YKI Cabang Kota Madiun Yuni Setyawati Maidi mengungkapkan bahwa cek kesehatan berkala telah dilaksanakan di Kota Madiun. Khususnya, untuk pencegahan Kanker Payudara dan Kanker Leher Rahim.

“Pemeriksaan berkala sudah dilakukan sejak 2019. Dari kegiatan ini beberapa di antaranya terdeteksi berpotensi kanker,” jelasnya.

Untuk itu, Yuni mengimbau kepada masyarakat agar senantiasa menerapkan pola hidup sehat. Serta, melaksanakan pemeriksaan secara berkala.

“Kita wajib waspada dan hati-hati. Tidak perlu malu. Demi kesehatan diri kita di masa depan,” tandasnya. (Nanda/irs/diskominfo)

Artikel Terkait