Nikmatnya Pecel Porang dan Rawon Pecel Jadi Incaran Wisatawan di Festival Pecel Pincuk Kota Madiun

Di Posting Oleh madiuntoday

5 Mei 2022

MADIUN – Festival Pecel Pincuk yang digelar di Lapangan Pelti Jalan Pahlawan, Kota Madiun baru berlangsung tiga hari. Namun euforia pengunjung, baik pemudik, wisatawan, hingga masyarakat lokal tak surut. Mereka berbondong-bondong mendatangi acara yang menghadirkan belasan stand pecel dari berbagai UMKM di Kota Pendekar itu.

Dari berbagai pecel yang tersaji, ada dua menu yang jadi incaran pengunjung. Yakni pecel porang dan rawon pecel. Kedua menu tersebut terbilang cukup unik, mengingat selama ini pecel hanya berupa olahan sayur yang direbus dan disiram dengan sambal kacang.

Jika biasanya nasi pecel dibuat dengan nasi dari padi, lain halnya dengan pecel porang. Pecel porang memadukan nasi porang dengan sayur dan sambel pecel. Selain enak, makanan tersebut juga menyehatkan. Layaknya jenis umbi-umbian yang lain, porang mengandung karbohidrat, protein, mineral, hingga kaya akan serat.

Tak hanya itu, primadona lain di Festival Pecel Pincuk adalah rawon pecel. Yakni makanan yang memadukan kelezatan dari kuah rawon dan pecel. Salah satu penjual pecel rawon di acara tersebut, Eva Hety mengatakan bahwa sejak hari pertama menu rawon pecel buatannya jadi incaran.

“Ada warga Semarang yang mudik ke Kota Madiun nyicip rawon pecel. Katanya enak lalu diborong sebagian. Alhamdulillah sampai sekarang selalu habis,” ungkapnya.

Per hari dirinya mengaku menyiapkan 50 hingga 70 porsi pecel rawon untuk dijual di Festival Pecel Pincuk, dengan seporsinya dijual dengan harga Rp 15.000.

“Biasanya saya disini dari pagi jam 6 sampai 10. Lalu siang jam 15.00 sampai 21.00 malam,” pungkasnya.
(Nanda/kus/madiuntoday)

Artikel Terkait