Material Terlambat Datang, STNK Pakai Specimen Pengganti Berstempel untuk Sementara

Di Posting Oleh madiuntoday

20 Mei 2022

MADIUN – Masyarakat yang melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor bakal mendapat specimen STNK untuk sementara waktu. Pasalnya, terjadi keterlambatan material STNK yang asli seperti biasanya. Karenanya, Samsat Kota Madiun mengeluarkan specimen pengganti SNTK tersebut. Masyarakat tidak perlu resah, sebab specimen pengganti STNK ini berfungsi sama dengan yang asli.

‘’Ada keterlambatan material untuk pencetakan STNK sejak 11 Mei lalu. Karenanya, untuk sementara kita keluarkan specimen pengganti dan kita stempel. Ini fungsinya sama dengan yang asli,’’ kata Kanit Regident Satlantas Polres Madiun Kota Iptu Darwoyo, Jumat (20/5).

Karenanya, masyarakat pemilik kendaraan tidak perlu khawatir saat ada razia. Pun, petugas juga sudah diberikan sosialisasi terkait itu. Artinya, pemegang specimen penggati STNK berstempel tidak akan kena tilang kecuali terjadi pelanggaran. Darwoyo menambahkan keterlambatan material ini diperkirakan sampai satu hingga dua bulan ke depan.

‘’Yang jelas ada keterlambatan material STNK ini di Polda Jatim. Alhasil, ada beberapa wilayah yang terjadi keterlambatan pengiriman material, salah satunya Kota Madiun,’’ jelasnya.

Specimen pengganti STNK berstempel itu wajib disimpan dan dibawa seperti layaknya STNK asli. Specimen juga sebagai syarat pengajuan pergantian dengan STNK yang asli setelah material datang nanti. Masyarakat bisa menukar STNK asli dengan membawa specimen pengganti tersebut ke kantor Samsat Kota madiun. Untuk waktunya, akan disosialisasikan kemudian setelah material datang.

‘’Jadi nanti bisa ditukar dengan STNK asli seperti biasa dengan membawa specimen STNK pengganti berstempel ini. Pastinya akan kita sosialisasikan kembali setelah material siap,’’ pungkasnya sembari menyebut sudah ada 150 penerbitan specimen pengganti STNK hingga saat ini. (ws hendro/agi/madiuntoday)

.

Artikel Terkait