Ketemu APJATEL Bahas Penataan Kabel, Wali Kota Ingin Instalasi Segera Pindah ke Jalur Bawah

Di Posting Oleh madiuntoday

21 Juni 2022

MADIUN – Rencana penataan kabel jalur bawah di Kota Madiun terus berjalan. Audiensi dengan Asosiasi Penyelenggara Jaringan Telekomunikasi (APJATEL) mengemuka di GCIO Dinas Kominfo Kota Madiun, Selasa (21/6). Audiensi terkait program Sarana Jaringan Utilitas Terpadu (SJUT) Kota Madiun itu dipimpin langsung Wali Kota Madiun, Maidi.

Wali Kota Maidi menyebut jaringan kabel jalur atas memang menjadi salah satu prioritas untuk dipindah. Sebab, mengganggu keindahan dan estetika wajah kota. Seperti diketahui, Kota Madiun telah banyak perubahan belakangan ini. Tetapi, instalasi kabel jalur atas cukup mengurangi estetika perubahan fisik yang dilakukan pemerintah. Karenanya, Wali Kota Maidi berharap para pemilik kabel tersebut untuk turut berkontribusi dalam penataan kota, khususnya pemindahan instalasi kabel jalur atas tersebut.

‘’Pemerintah tentu saja tidak asal memerintahkan untuk dipindah. Tetapi sudah menyiapkan tempatnya. Saluran yang kita lebarkan, memang salah satu fungsinya untuk ducting atau instalasi kabel,’’ kata wali kota.

Wali kota menyembut audiensi tersebut sekaligus untuk membahas apa saja yang akan dilakukan dan dibutuhkan dalam rencana pemindahan instalasi kabel tersebut. Mulai dasar aturan, peralatan yang digunakan, waktu pemindahan, hingga urusan retribusi jika ada unsur sewa aset di dalamnya. Terkait aturan, Pemerintah Kota Madiun bakal mengeluarkan surat edaran kepada para pemilik kabel tersebut.

‘’Silahkan apa saja yang dibutuhkan dikoordinasikan di sini. Prinsipnya, semakin cepat semakin baik. Segera dipindah ke jalur bawah, agar kota ini semakin indah,’’ terangnya.

Pemindahan instalasi kabel jalur atas ke jalur bawah tersebut memang sudah banyak dilakukan. Khususnya di kota-kota besar. Wali kota menambahkan daerah yang sudah melakukan lebih dulu bisa menjadi percontohan. Karenanya, pemindahan tersebut seharusnya bisa segera dilakukan.

‘’Banyak yang memberikan masukan dan saran terkait penataan kabel itu. Makanya, saya ingin disegerakan,’’ pungkasnya. (dhevit/agi/diskominfo)

Artikel Terkait