Lansia Ngebrok Tak Perlu Keluar Rumah, Petugas yang Datang Berikan Pelayanan

Di Posting Oleh madiuntoday

23 Juni 2022

MADIUN – Layangan administrasi kependudukan (adminduk) secara jemput bola untuk masyarakat rentan dan membutuhkan terus berjalan di Kota Madiun. Petugas Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Madiun dengan telaten mendatangi satu persatu warga yang membutuhkan tersebut. Tak terkecuali para lansia.

‘’Prinsipnya semua warga negara harus terdata. Kalau masyarakat tidak bisa datang, ya tentu saja kita yang mendatangi mereka,’’ kata Kepala Dispendukcapil Kota Madiun, Agus Triono, Kamis (23/6).

Pelayanan jemput bola itu biasa disebut dengan layanan Gadjah Mada. Layanan jemput bola ini ditujukan untuk semua warga yang membutuhkan. Mulai lansia, Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ), disabilitas, dan lain sebagainya. Layanan yang diberikan juga cukup banyak. Mulai cek biometrik, perekaman, dan lainnya.

‘’Jadi misalnya ada lansia yang hidup sendiri, tidak ada yang bisa ditanyai terkait apakah sudah perekaman atau belum. Yang seperti itu kita lakukan cek biometrik dulu. Kalau memang tidak ada data yang muncul, berarti memang belum pernah rekam sebelumnya,’’ jelasnya.

Setelah itu akan diterbitkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) untuk kemudian dilakukan perekaman dan pencetakan. Agus menyebut pihaknya selalu siap melakukan layanan jemput bola. Laporan biasanya datang dari pihak kelurahan maupun warga. Laporan yang masuk pastinya akan ditindaklanjuti.

‘’Memang tidak selalu berhasil. Ada juga yang harus balik kanan karena kondisinya tidak memungkinkan,’’ pungkasnya sembari menyebut biasanya pada saat melayani ODGJ. (nanda/agi/madiuntoday)

Artikel Terkait