Persiapan Maksimal, Atlet Karate Kota Madiun Juga Siap Mengharumkan Nama Daerah di O2SN

Di Posting Oleh madiuntoday

23 Juni 2022

MADIUN – Event-event olahraga mulai kembali menggeliat usai pandemi Covid-19 yang mulai mereda. Salah satunya, event Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN). Pemerintah Kota Madiun tentu tidak mau ketinggalan. Melalui Dinas Pendidikan setempat berbagai persiapan telah dilakukan. Seperti pada cabang olahraga Karate. Kota Madiun total mengirim delapan atlet pada gelaran O2SN kali ini. Yakni, empat tingkat SD dan empat tingkat SMP.

‘’Hari ini kita pembuatan video untuk dikirim ke provinsi. Jadi seleksinya masih secara virtual,’’ kata Doni Kuswoyo, salah seorang pelatih.

Doni menyebut anak didiknya sudah siap 100 persen. Sebab, sudah dipersiapkan sejak beberapa waktu sebelumnya. Setidaknya, training center untuk O2SN dilakukan minimal dua kali dalam satu minggu. Pun, itu di luar materi latihan rutin seperti biasanya.

‘’Jadi tidak ada yang sifatnya dadakan. Kita rutin melakukan TC minimal dua kali dalam satu minggu. Itu pun di luar materi latihan rutin,’’ ungkapnya.

TC tersebut difokuskan untuk persiapan O2SN. Selain itu, atlet yang saat ini tampil merupakan yang terbaik di tingkat kota. Sebab, sudah dilakukan seleksi dari tingkat kecamatan hingga kota sebelumnya. Dari kejuaraan tingkat kota itu diambil juara satu sampai empat untuk kemudian turun di O2SN tingkat provinsi.

‘’Prinsipnya, atlet kami sudah siap. Tetapi karena ini dilakukan secara virtual tentu ada kendala lain. Salah satunya, kendala teknis,’’ ungkapnya.

Dia mencontohkan terkait speed. Dalam nomor Kata kecepatan atlet dalam melakukan gerakan menjadi penilaian tersendiri. Namun, karena hanya mengirimkan berupa video, gerakan atlet mungkin tidak bisa maksimal lantaran kendala pada alat perekamnya.

‘’Jadi sebenarnya gerakannya cepat, atletnya bagus. Tetapi karena penilaian melalui video, biasanya terlihat beda karena kualitas videonya. Jujur kalau saya lebih suka penilaian secara langsung atau luring,’’ pungkasnya sembari mengaku optimis anak didiknya bisa menampilkan yang terbaik dalam ajang O2SN tersebut. (dhevit/agi/madiuntoday)

Artikel Terkait