Program Siaga Kita Beri Asuransi Bagi Pekerja Informal, 5.017 Orang Sudah Jadi Peserta

Di Posting Oleh madiuntoday

23 Juni 2022

MADIUN – Siaga Kita merupakan salah satu program unggulan yang dicetuskan Wali Kota Madiun Maidi. Tujuannya, untuk melindungi para pekerja di sektor informal agar tetap mendapatkan jaminan perlindungan dari pekerjaan yang dilakukannya.

Hingga Mei 2022, program ini telah merangkul 5.017 pekerja bukan penerima upah di Kota Madiun sebagai peserta. Asuransi yang diberikan berupa jaminan kecelakaan kerja (JKK) dan jaminan kematian (JKM).

Adapun premi yang dibayarkan Pemkot Madiun kepada BPJS Ketenagakerjaan dalam program ini sebesar Rp 16.800 per orang setiap bulan.

Kepala Dinas Tenaga Kerja, Koperasi, Usaha Kecil, dan Menengah Kota Madiun Agus Mursidi menjelaskan bahwa pada 2021 jumlah premi yang dibayarkan Pemkot Madiun untuk membiayai program Siaga Kita sekitar Rp 761 juta.

“Untuk klaim pada 2021 ada 35 peserta pada JKM dan 2 peserta untuk klaim JKK,” tuturnya dalam rapat evaluasi program Siaga Kita beberapa waktu lalu.

Sedangkan hingga Mei 2022, terdapat 14 klaim JKM. Total premi yang sudah dibayarkan Pemkot Madiun kepada BPJS Ketenagakerjaan mencapai Rp 383,7 juta.

Melalui program Siaga Kita, peserta yang meninggal dunia akibat kecelakaan kerja mendapatkan JKM sebesar Rp 42 juta yang diberikan kepada ahli waris. Sedangkan, JKK diberikan untuk membiayai proses pengobatan yang dijalani pekerja akibat kecelakaan kerja. (WS Hendro/irs/madiuntoday)

.

Artikel Terkait