Deklarasi Kecamatan STBM, Wali Kota Harap Masyarakat Disiplin Terapkan 5 Pilar STBM

Di Posting Oleh madiuntoday

24 Juni 2022

MADIUN – Pemerintah Kota Madiun terus berkomitmen untuk mensukseskan sanitasi total berbasis masyarakat (STBM). Komitmen tersebut diwujudkan dengan deklarasi STMB yang dilakukan oleh tiga kecamatan yang ada di Kota Pendekar. Seperti yang terlihat pada Jumat (24/6).

Dalam kesempatan itu, Wali Kota Madiun, Maidi meminta kepada OPD yang ada di lingkup pemkot untuk saling bersinergi mensukseskan program tersebut. OPD yang berkaitan dengan program ini di antaranya Dinas Kesehatan PP KB dan Dinas Perkim.

“Adanya deklarasi harapannya tidak hanya deklarasi. Tapi juga harus dijalankan. OPD terkait harus saling bersinergi, masyarakat harus bisa menerapkan lima pilar STBM,” ungkap wali kota.

Lima pilar STBM di antaranya adalah, stop buang air besar sembarangan, cuci tangan pakai sabun, pengelolaan air minum dan makanan, pengelolaan sampah, dan pengelolaan limbah cair.

“Masyarakat saat ini sudah cukup bagus dalam menerapkan lima pilar STBM. Pemerintah juga sudah memprogram jambanisasi, RTLH untuk menciptakan lingkungan yang berkualitas. Kalau itu semua sudah dilakukan, tinggal perilakunya yang kita kejar,” ucapnya.

Wali kota berharap melalui deklarasi ini diharap masyarakat akan bergerak dan akan tercipta lingkungan berkelanjutan yang akan baik untuk kedepannya. Tak hanya berdampak pada lingkungan, hal itu juga akan membawa kebaikan untuk angka harapan hidup yang semakin tinggi. Dalam kesempatan yang sama, orang nomor satu di Kota Pendekar itu juga menyerahkan bantuan pangan tambahan bagi para balita.
(WS Hendro/kus/diskominfo)

Artikel Terkait